RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : II
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
4. Membiasakan
kesiagaan dalam menghadapi bencana alam
II.
Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal cara – cara
menghadapi bencana alam.
III.
Indikator
·
Menyebutkan tanda – tanda gunung meletus
·
Menjelaskan cara – cara siap siaga menghadapi
bencana gunung meletus.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat menyebutkan tanda – tanda gunung meletus
·
Siswa
dapat menjelaskan cara – cara siap siaga menghadapi bencana gunung
meletus.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pokok
a. Materi
Pokok
-
Cara – cara menghadapi bencana alam
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1.
Berdoa,
mempersiapkan materi ajar
2.
Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Peserta
didik secara kelompok mendiskusikan tanda – tanda gunung meletus, cara bersiap
siaga menghadapi bencana alam gunung meletus.
2.
Elaborasi
a. Peserta
didik bersama guru menarik kesimpulan tentang tanda – tanda gunung meletus,
siap siaga menghadapi bencana gunung meletus
b.
Penegasan dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku
PLH Penerbit Erlangga halaman dan
Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes Lisan
Bentuk Instrumen : Uraian
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 ...........
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
................................................... ....................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : II
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
4. Membiasakan
kesiagaan dalam menghadapi bencana alam
II.
Kompetensi Dasar
4.2 Menunjukkan sikap empati
terhadap orang lain.
III.
Indikator
·
Menunjukkan sikap empati terhadap orang lain
ketika terjadi bencana.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat menunjukkan sikap empati terhadap orang lain ketika terjadi
bencana.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pembelajaran
a. Materi
Pokok
-
Sikap empati terhadap orang lain.
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a.
Peserta didik secara kelompok mensimulasikan sikap
empati terhadap orang lain ketika terjadi bencana ( sebelum mengungsi, di
pengungsian, setelah bencana reda )
2. Elaborasi
a.
Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan
tentang sikap empati terhadap orang lain ketika terjadi bencana.
b. Penegasan
dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan pemberian
PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 82 – 84 dan Lingkungan sebagai sumber
belajar
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes
Unjuk kerja dan Lisan
Bentuk Instrumen : Uraian Jawaban singkat
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 ...........
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
................................................... ....................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : II
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
4. Membiasakan
kesiagaan dalam menghadapi bencana alam
II.
Kompetensi Dasar
4.3 Mensimulasikan cara bersikap
siaga menghadapi bencana alam (
misalnya: gunung meletus )
III.
Indikator
·
Mempraktekkan cara siap siaga menghadapi bencana
alam gunung meletus
( siaga
sebelum bencana, ketika bencana terjadi,
pasca bencana )
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara siap siaga menghadapi bencana alam gunung
meletus
( siaga
sebelum bencana, ketika bencana terjadi,
pasca bencana )
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pembelajaran
a. Materi
Pokok
-
Cara bersiap siaga mengahadapi bencana alam.
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a.
Peserta didik secara kelompok mensimulasikan sikap siap
siaga menghadapi bencana alam ( ketika baru terjadi tanda – tanda bencana,
ketika bencana terjadi, pasca bencana terjadi )
2. Elaborasi
a.
Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan
tentang sikap siap siaga menghadapi bencana alam.
b. Penegasan
dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku PLH Penerbit
Erlangga halaman 85 – 88 dan Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes Unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Uraian Jawaban singkat
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 ...........
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
................................................... ....................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : II
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
5.
Menerapkan hasil teknologi sederhana dalam pemeliharaan lingkungan
II.
Kompetensi Dasar
5.1 Menjelaskan jenis – jenis
teknologi sederhana dalam pemeliharaan
lingkungan ( misalnya botol kemasan air
mineral, kaleng bekas,
kantong plastik)
III.
Indikator
·
Menjelaskan cara membuat hasil karya dari botol
bekas kemasan air mineral, dari kaleng bekas, dan dari kantong plastik bekas belanjaan.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat menjelaskan cara membuat hasil karya dari botol bekas kemasan air
mineral, dari kaleng bekas, dan dari
kantong plastik bekas belanjaan.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pembelajaran
a. Materi
Pokok
-
Menerapkan hasil teknologi sederhana
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a. Peserta
didik secara berpasangan melakukan pemilahan sampah.
a. Secara
klasikal peserta didik bersama guru tanya jawab dan mendiskusikan cara – cara
mengolah sampah menjadi barang bermanfaat
3. Konfirmasi
a.
Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang
penggunaan teknologi sederhana dalam pemeliharaan lingkungan.,
b.
Penegasan dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1.
Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.
Memberikan penilaian dan pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku
PLH Penerbit Erlangga halaman 93 – 102 dan
Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik
: Tes Unjuk kerja
Bentuk Instrumen
: Uraian
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 ...........
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
................................................... ....................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : II
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
5. Menerapkan hasil teknologi sederhana dalam pemeliharaan
lingkungan
II.
Kompetensi Dasar
5.2 Membuat hasil karya dengan memanfaatkan teknologi sederhana
dalam pemeliharaan lingkungan.
III.
Indikator
·
Mempraktekkan cara membuat hasil karya dari
botol bekas kemasan air mineral.
·
Mempraktekkan cara membuat hasil karya dari
kaleng bekas.
·
Mempraktekkan cara membuat hasil karya dari
kantong plastik
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara membuat hasil karya dari botol bekas kemasan
air mineral.
·
Siswa
dapat empraktekkan cara membuat hasil karya dari kaleng bekas.
· Siswa dapat mempraktekkan cara
membuat hasil karya dari kantong plastik
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pembelajaran
a. Materi
Pokok
-
Menerapkan hasil teknologi sederhana
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a.
Peserta didik secara berpasangan menyiapkan alat dan
bahan untuk memanfaatkan sampah menjadi barang
bermanfaat.
1.
Membuat boneka dari botol kemasan air mineral.
2.
Membuat telpon – telponan dari kaleng susu bekas.
3.
Membuat bunga mainan dari kantong plastik.
a.
Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan
tentang cara pemanfaatan sampah menjadi barang berguna.
b. Penegasan
dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku
PLH Penerbit Erlangga halaman 103 –
108 dan Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes Unjuk
kerja
Bentuk Instrumen : Uraian
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 ...........
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
................................................... ....................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : II
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
5. Menerapkan hasil teknologi sederhana dalam
pemeliharaan lingkungan
II.
Kompetensi Dasar
5.3 Melaksanakan pameran hasil
teknologi sederhana di kelas/ sekolah.
III.
Indikator
·
Membuat rencana pameran kelas
·
Melaksanakan pameran kelas.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat membuat rencana pameran kelas
·
Siswa
dapat melaksanakan pameran kelas.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai
keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan
sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pembelajaran
a. Materi
Pokok
-
Menerapkan hasil teknologi sederhana
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
a. Peserta
didik bersama guru mendiskusikan tentang rencana pameran kelas.
2.
Elaborasi
a. Peserta
didik bersama guru menarik kesimpulan tentang rencana pelaksanaan pameran
kelas.
b.
Penegasan dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
·
Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 109 - 114 dan Lingkungan sebagai sumber
belajar
·
Pameran dilaksanakan ketika kenaikan kelas (
pembagian rapot akhir tahun pembelajaran ).
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes Unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Uraian
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 ...........
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
................................................... ....................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : II
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
5.
Menerapkan hasil teknologi sederhana dalam pemeliharaan lingkungan.
II.
Kompetensi Dasar
5.4 Melaksanakan pameran hasil teknologi sederhana di kelas/ sekolah.
III.
Indikator
·
Membuat rencana pameran kelas
·
Melaksanakan pameran kelas.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat membuat rencana pameran kelas
·
Siswa
dapat melaksanakan pameran kelas.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pembelajaran
a.
Materi Pokok
-
Menerapkan hasil teknologi sederhana
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a.
Peserta didik bersama guru mendiskusikan tentang
rencana pameran kelas.
2. Elaborasi
a.
Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan
tentang rencana pelaksanaan pameran kelas.
b.
Penegasan dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
·
Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 109 - 114 dan
Lingkungan sebagai sumber belajar
·
Pameran dilaksanakan ketika kenaikan kelas (
pembagian rapot akhir tahun pembelajaran ).
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes Unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Uraian
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 ...........
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
................................................... ....................................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar