RPP Lingkungan Hidup

Kamis, 15 September 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP KELAS 1 SD/MI SMT 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




Nama Sekolah           :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran          :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas                           :  I
Semester                     :  II
Alokasi Waktu           2x35 menit.



I.            STANDAR KOMPETENSI:   
4. Membiasakan kesiagaan dalam menghadapi bencana alam

II.               Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal cara – cara menghadapi bencana alam.

III.               Indikator
·       Menyebutkan tanda – tanda gunung meletus
·       Menjelaskan cara – cara siap siaga menghadapi bencana gunung meletus.

IV.               Tujuan Pembelajaran
·       Siswa dapat menyebutkan tanda – tanda gunung meletus
·       Siswa dapat menjelaskan cara – cara siap siaga menghadapi bencana gunung meletus.


v    Karakter siswa yang diharapkan  Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.

V.               Materi Pokok
a.     Materi Pokok 
-     Cara – cara menghadapi bencana alam

b.    Materi Pembelajaran
 -   Cara menghadapi bencana alam gunung meletus

VI.               Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
1.      Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.      Apersepsi

B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    Peserta didik secara kelompok mendiskusikan tanda – tanda gunung meletus, cara bersiap siaga menghadapi bencana alam gunung meletus.
2.      Elaborasi
a.    Secara bergiliran perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya dibantu oleh teman – teman
b.   Tanya jawab tentang tanda – tanda gunung meletus, siap siaga menghadapi bencana gunung meletus
3.      Konfirmasi
a.    Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang tanda – tanda gunung meletus, siap siaga menghadapi bencana gunung meletus
b.    Penegasan dan penguatan dari guru



C.     Kegiatan Akhir
1.      Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.      Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VII.               Sumber/ Bahan Belajar
Buku PLH Penerbit Erlangga halaman dan Lingkungan sebagai sumber belajar

VIII.               Penilaian
         Teknik                     :  Tes Lisan            
  Bentuk Instrumen  :  Uraian

        Pedoman Penilaian Kepribadian

Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





























Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang












                                                                                                                                                                                           ............, ......................20 ...........
Menyetujui,                                                                             
  Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran


...................................................                                                   ....................................................
NIP :                                                                                             NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




Nama Sekolah           :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran          :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas                           :  I
Semester                     :  II
Alokasi Waktu           2x35 menit.



I.            STANDAR KOMPETENSI:   
4. Membiasakan kesiagaan dalam menghadapi bencana alam

II.            Kompetensi Dasar
4.2 Menunjukkan sikap empati terhadap orang lain.

III.            Indikator
·       Menunjukkan sikap empati terhadap orang lain ketika terjadi bencana.

IV.            Tujuan Pembelajaran
·       Siswa dapat menunjukkan sikap empati terhadap orang lain ketika terjadi bencana.

v    Karakter siswa yang diharapkan  Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.
V.            Materi Pembelajaran
a.     Materi Pokok 
-     Sikap empati terhadap orang lain.

b.    Materi Pembelajaran
 -    Sikap empati ketika terjadi bencana alamb gunung meletus

VI.            Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
1.      Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.      Apersepsi

B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    Peserta didik secara kelompok mensimulasikan sikap empati terhadap orang lain ketika terjadi bencana ( sebelum mengungsi, di pengungsian, setelah bencana reda )
2.   Elaborasi
a.    Tanya jawab tentang sikap empati terhadap orang lain ketika terjadi bencana.
3.   Kofirmasi
a.   Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang sikap empati terhadap orang lain ketika terjadi bencana.
b.   Penegasan dan penguatan dari guru

C.     Kegiatan Akhir
1.      Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.      Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VII.            Sumber/ Bahan Belajar
Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 82 – 84 dan Lingkungan sebagai sumber belajar


VIII.            Penilaian
      Teknik                       :  Tes Unjuk kerja dan Lisan            
Bentuk Instrumen    : Uraian Jawaban singkat

        Pedoman Penilaian Kepribadian

Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





















        Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang
                                                                                                                                                                               ............, ......................20 ...........
Menyetujui,                                                                             
  Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran


...................................................                                                   ....................................................
NIP :                                                                                             NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah           :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran          :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas                           :  I
Semester                     :  II
Alokasi Waktu           2x35 menit.



I.               STANDAR KOMPETENSI:  
4. Membiasakan kesiagaan dalam menghadapi bencana alam

II.               Kompetensi Dasar
4.3  Mensimulasikan cara bersikap siaga menghadapi bencana alam ( misalnya: gunung  meletus )

III.               Indikator
·       Mempraktekkan cara siap siaga menghadapi bencana alam gunung meletus
( siaga sebelum  bencana, ketika bencana terjadi, pasca bencana )

IV.               Tujuan Pembelajaran
·       Siswa dapat mempraktekkan cara siap siaga menghadapi bencana alam gunung meletus
( siaga sebelum  bencana, ketika bencana terjadi, pasca bencana )



v    Karakter siswa yang diharapkan  Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.



V.               Materi Pembelajaran
a.     Materi Pokok 
-     Cara bersiap siaga mengahadapi bencana alam.

b.    Materi Pembelajaran
 -   mensimulasikan sikap siaga menghadapi bencana alam gunung meletus

VI.               Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1.      Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.      Apersepsi

B.  Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    Peserta didik secara kelompok mensimulasikan sikap siap siaga menghadapi bencana alam ( ketika baru terjadi tanda – tanda bencana, ketika bencana terjadi, pasca bencana terjadi )
2.   Elaborasi
a.    Tanya jawab tentang sikap siap siaga yang disimulasikan.
3.      Konfirmasi
a.   Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang sikap siap siaga menghadapi bencana alam.
b.   Penegasan dan penguatan dari guru



C.     Kegiatan Akhir
1.      Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.      Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VII.               Sumber/ Bahan Belajar
 Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 85 – 88 dan Lingkungan sebagai sumber belajar

VIII.               Penilaian
         Teknik                     :  Tes Unjuk kerja
         Bentuk Instrumen  : Uraian Jawaban singkat


        Pedoman Penilaian Kepribadian

Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





























Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang












                                                                                                                                                                               ............, ......................20 ...........
Menyetujui,                                                                             
  Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran


...................................................                                                   ....................................................
NIP :                                                                                             NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah           :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran          :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas                           :  I
Semester                     :  II
Alokasi Waktu           :  2x35 menit.



I.          STANDAR KOMPETENSI:     
5. Menerapkan hasil teknologi sederhana dalam pemeliharaan lingkungan

II.               Kompetensi Dasar
5.1 Menjelaskan jenis – jenis teknologi sederhana dalam pemeliharaan
       lingkungan ( misalnya botol kemasan air mineral, kaleng bekas,
       kantong plastik)

III.               Indikator
·       Menjelaskan cara membuat hasil karya dari botol bekas kemasan air mineral, dari kaleng bekas, dan  dari kantong plastik bekas belanjaan.

IV.               Tujuan Pembelajaran
·       Siswa dapat menjelaskan cara membuat hasil karya dari botol bekas kemasan air mineral, dari kaleng bekas, dan  dari kantong plastik bekas belanjaan.

v   Karakter siswa yang diharapkan  Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.

V.               Materi Pembelajaran
a.     Materi Pokok 
-     Menerapkan hasil teknologi sederhana

b.    Materi Pembelajaran
 -    Jenis – jenis teknologi sederhana dalam pemeliharaan lingkungan.                          

VI.               Kegiatan Pembelajaran
A.       Kegiatan Awal
1.   Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.   Apersepsi

B.       Kegiatan Inti
1.  Eksplorasi
a.    Peserta didik secara berpasangan melakukan pemilahan sampah.
b.    Secara berpasangan peserta didik memilih sampah organik yang bisa dibuat menjadi barang berguna.,
c.    Secara bergiliran mencuci tangan memakai sabun.

2.   Elaborasi
a.       Secara klasikal peserta didik bersama guru tanya jawab dan mendiskusikan cara – cara mengolah sampah menjadi barang bermanfaat

3.   Konfirmasi
a.    Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang penggunaan teknologi sederhana dalam pemeliharaan lingkungan.,
b.   Penegasan dan penguatan dari guru


C.        Kegiatan Akhir
1.        Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.        Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VII.               Sumber/ Bahan Belajar
       Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 93 – 102 dan Lingkungan sebagai sumber belajar

VIII.               Penilaian
        Teknik                       : Tes Unjuk kerja
Bentuk Instrumen  : Uraian

         Pedoman Penilaian Kepribadian

Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





























Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang












                                                                                                                                                                               ............, ......................20 ...........
Menyetujui,                                                                             
  Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran


...................................................                                                   ....................................................
NIP :                                                                                             NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah           :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran          :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas                           :  I
Semester                     :  II
Alokasi Waktu           2x35 menit.



I.               STANDAR KOMPETENSI:  
5.  Menerapkan hasil  teknologi sederhana dalam pemeliharaan 
     lingkungan

II.               Kompetensi Dasar
5.2 Membuat hasil karya dengan memanfaatkan teknologi sederhana
       dalam pemeliharaan lingkungan.

III.               Indikator
·       Mempraktekkan cara membuat hasil karya dari botol bekas kemasan air mineral.
·       Mempraktekkan cara membuat hasil karya dari kaleng bekas.
·       Mempraktekkan cara membuat hasil karya dari kantong plastik

IV.               Tujuan Pembelajaran
·       Siswa dapat mempraktekkan cara membuat hasil karya dari botol bekas kemasan air mineral.
·       Siswa dapat empraktekkan cara membuat hasil karya dari kaleng bekas.
·       Siswa dapat mempraktekkan cara membuat hasil karya dari kantong plastik
v  Karakter siswa yang diharapkan  Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.

V.               Materi Pembelajaran
a.     Materi Pokok 
-     Menerapkan hasil teknologi sederhana

b.    Materi Pembelajaran
 -   Membuat hasil karya dari :
    1. Botol kemasan  air mineral
    2. kaleng bekas
    3. kantong plastik.

VI.            Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
1.      Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.      Apersepsi

B.     Kegiatan Inti
1.    Eksplorasi
a.    Peserta didik secara berpasangan menyiapkan alat dan bahan untuk memanfaatkan sampah menjadi barang  bermanfaat.
1.    Membuat boneka dari botol  kemasan air mineral.
2.    Membuat telpon – telponan dari kaleng susu bekas.
3.    Membuat bunga mainan dari kantong plastik.
b.    Secara bergiliran peserta didik mencuci tangan memakai sabun,

2.   Elaborasi
a.         Tanya jawab tentang cara – cara memanfaatkan sampah  menjadi barang berguna.


3.  Konfirmasi
a.      Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang cara pemanfaatan sampah menjadi barang berguna.
b.      Penegasan dan penguatan dari guru

C.     Kegiatan Akhir
1.      Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.      Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VII.               Sumber/ Bahan Belajar
Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 103 – 108 dan Lingkungan sebagai sumber belajar

VIII.               Penilaian
         Teknik                     : Tes Unjuk kerja
         Bentuk Instrumen  : Uraian

        Pedoman Penilaian Kepribadian

Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.
























Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang












                                                                                                                                                                               ............, ......................20 ...........
Menyetujui,                                                                             
  Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran


...................................................                                                   ....................................................
NIP :                                                                                             NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah           :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran          :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas                           :  I
Semester                     :  II
Alokasi Waktu           2x35 menit.



I.              STANDAR KOMPETENSI:  
5.  Menerapkan hasil teknologi sederhana dalam pemeliharaan lingkungan

II.               Kompetensi Dasar
5.3 Melaksanakan pameran hasil teknologi sederhana di kelas/ sekolah.

III.               Indikator
·       Membuat rencana pameran kelas
·       Melaksanakan pameran kelas.

IV.               Tujuan Pembelajaran
·       Siswa dapat membuat rencana pameran kelas
·       Siswa dapat melaksanakan pameran kelas.


v  Karakter siswa yang diharapkan  :    Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama,      patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.


V.               Materi Pembelajaran
a.     Materi Pokok 
-     Menerapkan hasil teknologi sederhana

b.    Materi Pembelajaran
 -  Pameran Kelas

VI.               Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
1.      Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.      Apersepsi

B.     Kegiatan Inti
1.         Eksplorasi
a.    Peserta didik bersama guru mendiskusikan tentang rencana pameran kelas.

2.         Elaborasi
a.   Membuat laporan rencana pameran kelas
b.   Simulasi pelaksanakan pameran kelas.

3.     Konfirmasi
a.    Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang rencana pelaksanaan pameran kelas.
b.   Penegasan dan penguatan dari guru


C.     Kegiatan Akhir
1.      Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.      Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VII.            Sumber/ Bahan Belajar
·                  Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 109 - 114 dan Lingkungan sebagai sumber belajar
·                  Pameran dilaksanakan ketika kenaikan kelas ( pembagian rapot akhir tahun pembelajaran ).

VIII.            Penilaian
      Teknik                         : Tes Unjuk kerja
Bentuk Instrumen      :  Uraian


        Pedoman Penilaian Kepribadian

Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





























Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang











                                                                                                                                                                               ............, ......................20 ...........
Menyetujui,                                                                             
  Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran


...................................................                                                   ....................................................
NIP :                                                                                             NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah           :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran          :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas                           :  I
Semester                     :  II
Alokasi Waktu           2x35 menit.



I.            STANDAR KOMPETENSI:   
5. Menerapkan hasil teknologi sederhana dalam pemeliharaan lingkungan.

II.            Kompetensi Dasar
5.4 Melaksanakan pameran hasil teknologi sederhana di kelas/ sekolah.

III.            Indikator
·       Membuat rencana pameran kelas
·       Melaksanakan pameran kelas.

IV.            Tujuan Pembelajaran
·       Siswa dapat membuat rencana pameran kelas
·       Siswa dapat melaksanakan pameran kelas.



v   Karakter siswa yang diharapkan  Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.


V.            Materi Pembelajaran
a.     Materi Pokok 
-     Menerapkan hasil teknologi sederhana

b.    Materi Pembelajaran
 -   Pameran Kelas

VI.            Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
1.      Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.      Apersepsi

B.     Kegiatan Inti
1.   Eksplorasi
a.         Peserta didik bersama guru mendiskusikan tentang rencana pameran kelas.

2.  Elaborasi
a.         Membuat laporan rencana pameran kelas
b.         Simulasi pelaksanakan pameran kelas.

3.  Konfirmasi
a.         Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang rencana pelaksanaan pameran kelas.
b.         Penegasan dan penguatan dari guru




C.     Kegiatan Akhir
1.      Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.      Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VII.            Sumber/ Bahan Belajar
·            Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 109 - 114 dan Lingkungan sebagai sumber belajar
·            Pameran dilaksanakan ketika kenaikan kelas ( pembagian rapot akhir tahun pembelajaran ).

VIII.            Penilaian
       Teknik                       : Tes Unjuk kerja
       Bentuk Instrumen    : Uraian

        Pedoman Penilaian Kepribadian

Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





























Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang




                                                                                                                                                                                ............, ......................20 ...........
Menyetujui,                                                                             
  Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran


...................................................                                                   ....................................................
NIP :                                                                                             NIP : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar