RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : 1
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
1. Menerapkan
kebersihan di rumah dan sekolah.
II.
Kompetensi Dasar
1.3 Melaksanakan pola hidup bersih dan sehat di
rumah dan di sekolah
III.
Indikator
·
Mempraktikkan cara – cara hidup bersih di rumah
·
Mempraktikkan cara – cara hidup bersih di sekolah
·
Mempraktekkan cara – cara hidup sehat di ruma.
·
Mempraktekkan cara – cara hidup sehat di sekolah
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mempraktikkan
cara – cara hidup bersih di rumah
·
Siswa
dapat mempraktikkan
cara – cara hidup bersih di sekolah
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara – cara hidup sehat di ruma.
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara – cara hidup sehat di sekolah
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri,
mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya
orang lain
dan peduli lingkugan.
V.
MateriPokok
a. Materi
Pokok
- Kebersihan dan kesehatan di rumah
- Kebersihan dan kesehatan di sekolah
b.
Materi Pembelajaran
Cara – cara melaksanakan pola hidup
bersih dan sehat di rumah.
Cara – cara
melaksanakan pola hidup bersih dan sehat di sekolah
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Secara
bergiliran peserta didik dengan bimbingan guru
b. Menggunakan
alat – alat kebersihan seperti handuk, sikat gigi, gunting kuku, sapu, dan lain
– lain.
2.
Elaborasi
a. Mempraktekkan
cara cara hidup bersih di rumah dan di
sekolah.
b. Mempraktekkan
cara cara hidup sehat di rumah dan di
sekolah.
a.
Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan
tentang cara – cara hidup bersih dan sehat di rumah dan di sekolah.
b. Penegasan
dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku PLH
Penerbit Erlangga halaman 22 - 28 dan Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik
: Tes Unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Uraian (Penugasan)
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20
.......
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
.................................................. .................................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : 1
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
2. Melakukan
pemeliharaan lingkungan biotik.
II.
Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal
jenis – jenis lingkungan biotik
III.
Indikator
·
Menjelaskan pengertian lingkungan biotik
·
Menyebutkan contoh – contoh makhluk hidup.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian lingkungan biotik
· Siswa dapat menyebutkan contoh –
contoh makhluk hidup.
v
Karakter siswa yang diharapkan
: Religius,
menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh
pada aturan sosial, rasa ingin tahu,
nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.
V.
MateriPokok
a.
Materi Pokok
- Lingkungan
botik
b. Materi
Pembelajaran
-
Jenis – jenis lingkungan biotik
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
1.
Berdoa,
mempersiapkan materi ajar
2.
Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Secara
berkelompok peserta didik dengan bimbingan guru
b. Mengamati
lingkungan sekitar.
2.
Elaborasi
a. Mencatat benda – benda yang ada di lingkungan sekitar
b. Mengelompokkan
makhluk hidup dan makhluk tak hidup yang ada di lingkungan sekitar, berdasarkan
hasil pengamatan.
c. Melaporkan
hasil kerja kelompok secara bergiliran.
a.
Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan
tentang jenis – jenis lingkungan biotik.
b. Penegasan
dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku PLH Penerbit Erlangga halaman 31 – 36 dan Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes Lisan.
Bentuk
Instrumen : Uraian
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 .......
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.................................................. .................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : 1
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
2. Melakukan
pemeliharaan lingkungan biotik.
II.
Kompetensi Dasar
2.2 Menyenangi keindahan lingkungan
III.
Indikator
·
Menyebutkan contoh sikap mencintai lingkungan.
·
Menjelaskan cara mencintai lingkungann.
IV.
Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat menyebutkan contoh
sikap mencintai lingkungan.
·
Siswa
dapat menjelaskan cara mencintai lingkungann.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai
keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis,
menghargai karya orang lain dan peduli
lingkungan.
V.
Materi Pokok
a. Materi
Pokok
- Lingkungan botik
b.
Materi Pembelajaran
-
Sikap menyenangi
lingkungan biotik
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a.
Secara kelompok peserta didik mendiskusikan cara – cara
mencintai keindahan lingkungan
2.
Elaborasi
a.
Secara bergiliran perwakilan kelompok melaporkan hasil
diskusi kelompok.
b.
Mendengarkan tanggapan dari kelompok
lain.
a. Peserta
didik bersama guru menarik kesimpulan tentang cara – cara menyenangi keindahan
lingkungan.
b.
Penegasan dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku
PLH Penerbit Erlangga halaman 37 - 40
dan Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes
lisan
Bentuk Instrumen : Uraian
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 .......
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.................................................. .................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : I
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
2. Melakukan pemeliharaan lingkungan biotik.
II.
Kompetensi Dasar
2.3
Melaksanakan cara memelihara lingkungan biotik
III.
Indikator
· Mempraktekkan
cara – cara hidup bersih di rumah
· Mempraktekkan
cara – cara hidup bersih di sekolah
· Mempraktekkan
cara – cara hidup sehat di ruma.
·
Mempraktekkan cara – cara hidup sehat di sekolah
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara – cara hidup bersih di rumah
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara – cara hidup bersih di sekolah
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara – cara hidup sehat di ruma.
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara – cara hidup sehat di sekolah
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pokok
a. Materi
Pokok
-
Lingkungan biotik
b.
Materi Pembelajaran
-
Cara –
cara memelihara lingkungan biotik.
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Secara
individual peserta didik mempraktikkan cara – cara memelihara lingkungan biotik
di sekitar sekolah.
b. Secara
individual peserta didik mensimulasikan cara merawat tumbuhan kesayangan di
rumah.
2.
Elaborasi
a. Secara
kekompok siswa mensimulasikan cara – cara merawat hewan peliharaan di rumah.
b.
Tanya jawab tentang cara – cara merawat lingkungan biotik.
3.
Konfirmasi
a. Peserta
didik bersama guru menarik kesimpulan tentang cara – cara menyayangi lingkungan
biotik.
b.
Penegasan dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku PLH Penerbit
Erlangga halaman 41 – 49 dan Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik
: Tes
Unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Uraian (Penugasan)
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 .......
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.................................................. .................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : I
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
3. Berperilaku
disiplin terhadap pemeliharaan tanaman
II.
Kompetensi Dasar
3.1 Menyebutkan cara – cara berperilaku disiplin
dalam memelihara tanaman
III.
Indikator
·
Mejelaskan
cara – cara berperilaku disiplin dalam memelihara tanaman di sekitar
sekolah.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mejelaskan cara – cara
berperilaku disiplin dalam memelihara tanaman di sekitar sekolah.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pokok
a.
Materi Pokok
- Sikap
disiplin dalam memelihara tanaman yang ditanam dalam pot.
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1.
Berdoa,
mempersiapkan materi ajar
2.
Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Peserta
didik mempraktekkan cara merawat tanaman seperti : meggemburkan tanah, melepas
daun kering dan menguburnya, membersihkan tanaman dari hama, menyiram, dan
memupuk tanaman)
2.
Elaborasi
a.
Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan
tentang perilaku disiplin dalam memelihara tanaman,
b. Penegasan
dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1.
Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.
Memberikan penilaian dan pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku PLH
Penerbit Erlangga halaman 53 – 57 dan Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes Lisan dan Unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Jawaban Singkat dan Uraian
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 .......
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.................................................. .................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : I
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
3. Berperilaku
disiplin terhadap pemeliharaan tanaman
II.
Kompetensi Dasar
3.2 Menyenangi perilaku disiplin dalam memelihara
tanaman
III.
Indikator
·
Mempraktekkan cara – cara berperilaku disiplin
dalam memelihara tanaman.
·
Menjelaskan pentingnya tumbuhan bagi kehidupan.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara – cara berperilaku disiplin dalam memelihara
tanaman.
·
Siswa
dapat menjelaskan pentingnya tumbuhan bagi kehidupan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pokok
a. Materi
Pokok
-
Sikap disiplin dalam memelihara tanaman di
lingkungan sekitar.
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
a. Peserta
didik mempraktekkan cara merawat tanaman yang di pelihara di sekolah.
2.
Elaborasi
a. Peserta
didik bersama guru menarik kesimpulan tentang sikap disiplin dalam memelihara tanaman.
b.
Penegasan dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku
PLH Penerbit Erlangga halaman 58 – 65 dan
Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes
Unjuk kerja dan Lisan
Bentuk Instrumen : Uraian Jawaban singkat
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 .......
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.................................................. .................................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas : I
Semester : I
Alokasi Waktu : 2x35 menit.
I.
STANDAR KOMPETENSI:
3. Berperilaku
disiplin terhadap pemeliharaan tanaman
II.
Kompetensi Dasar
3.3 Membiasakan berperilaku
disiplin dalam memelihara tanaman
III.
Indikator
·
Mempraktekkan cara merawat tanaman.
·
Menunjukkan sikap mencintai tanaman.
·
Menjelaskan keuntungan memelihara tanaman.
·
Menjelaskan kerugian jika merusak tanaman.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mempraktekkan cara merawat tanaman.
·
Siswa
dapat menunjukkan sikap mencintai tanaman.
·
Siswa
dapat menjelaskan keuntungan memelihara tanaman.
·
Siswa
dapat menjelaskan kerugian jika merusak tanaman.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun,
percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada
aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain
dan peduli lingkungan.
V.
Materi Pokok
a. Materi
Pokok
-
Sikap terbiasa disiplin dalam memelihara
tanaman.
b.
Materi Pembelajaran
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1. Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2. Apersepsi
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Peserta
didik secara kelompok mensimulasikan berbagai sikap disiplin dalam memelihara
tanaman dimanapun berada.
(Seperti:
mmenyiram, menyiangi, memupuk, membasmi hama, tidak menebang pohon sembarangan,
tidak mematahkan dahan atau ranting dengan sengaja tanpa alasan, dll )
a.
Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan
tentang perilaku disiplin dalam memelihara tanaman,
b. Penegasan
dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VII.
Sumber/ Bahan Belajar
Buku
PLH Penerbit Erlangga halaman 66 – 69
dan Lingkungan sebagai sumber belajar
VIII.
Penilaian
Teknik : Tes Unjuk kerja dan Lisan
Bentuk Instrumen : UraianJawaban singkat
Pedoman Penilaian Kepribadian
|
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
............, ......................20 .......
Menyetujui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.................................................. .................................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar