MODEL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
|
Satuan
Pendidikan
|
:
|
|
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan
Lingkungan Hidup
|
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI/I
|
|
|
Jumlah
Pertemuan
|
:
|
Satu
kali pertemuan
|
|
|
Standar
Kompetensi
|
|
|
1.
Menerapkan Kebersihan, Kesehatan, dan Keindahan di Rumah, Sekolah, dan
Masyarakat
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|
1.1. Menjelaskan Pola Hidup Bersih,
Sehat, dan Indah di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat
|
|
|
Indikator
KETERCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
|
|
|
I.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
|
|
|
|
II.
|
MATERI AJAR
|
|
|
a.
Materi Pokok
Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah dengan
membiasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS)
b. Materi Pembelajaran
Waktu tepat mencuci tangan pakai sabun (CTPS):
1.
sebelum makan
2.
setelah buang air besar
3.
sebelum memgang bayi
4.
setelah menceboki bayi
5.
sebelum menyiapkan makanan
Cara
cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang tepat :
1.
basuh kedua tangan dengan
air yang mengalir
2.
gosok kedua permukaan tangan
dengan sabun seperti bersalaman
3.
gosok sela-sela jari hingga
kuku
4.
bilas kedua tangan dengan
air yang mengalir
5.
keringkan tangan dengan lap
bersih dan kering
|
|
III.
|
ALOKASI WAKTU
|
|
|
o
2
jam pelajaran (2 x 35 menit)
Satu kali pertemuan
|
|
IV.
|
METODE /SUMBER/ALAT, BAHAN
|
|
|
o
Metode : Diskusi , Demonstasi
o
Sumber :
Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SD/MI kelas 6 terbitan PT. Erlangga
Lingkungan sebagai sumber belajar
o
Alat dan Bahan :
Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun
dengan kran air/tong air
Sabun
Lap
kering
|
|
V.
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
Dua
tangan saya
Yang
kiri dan kanan
Selalu
aku jaga dengan mencucinya
Lalu
melakukan tepuk CTPS dengan diawalai aba-aba dari guru
Guru
memberi aba-aba : Tepuk CTPS
Cuci Tangan Prok prok prok
Pakai Sabun Prok Prok
Bebas Kuman Prok Prok Prok
Hidup Sehat Yes!
|
|
|
|
|
|
|
|
VI.
|
PENILAIAN HASIL BELAJAR
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
- Jenis
Penilaian : Tertulis dan Unjuk kerja
- Bentuk
Penilaian : Uraian
- Instrumen
Penilaian :
|
Indikator pembelajaran
|
Indikator soal
|
Butir – butir soal
|
Kunci jawaban
|
|
Menyebutkan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan cuci tangan pakai
sabun (CTPS)
|
Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik dapat menyebutkan waktu yang
tepat dan benar untuk melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS).
|
Tuliskan lima waktu yang tepat dan benar untuk melakukan kegiatan cuci
tangan pakai sabun (CTPS) !
|
Lima waktu tepat mencuci tangan pakai sabun (CTPS)
adalah :
1.
sebelum makan
2.
setelah buang air besar
3.
sebelum memgang bayi
4.
setelah menceboki bayi
5.
sebelum menyiapkan makanan
|
|
Menjelaskan tahapan-tahapan mencuci tangan pakai sabun dengan tepat dan
benar
|
Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik dapat menyebutkan
tahapan-tahapan yang tepat dan benar dalam
melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS).
|
Tuliskan lima tahapan yang tepat dan benar dalam melakukan kegiatan
cuci tangan pakai sabun (CTPS)!
|
Cara
cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang tepat :
1.
basuh kedua tangan dengan
air yang mengalir
2.
gosok kedua permukaan tangan
dengan sabun seperti bersalaman
3.
gosok sela-sela jari hingga
kuku
4.
bilas kedua tangan dengan
air yang mengalir
5.
keringkan tangan dengan lap
bersih dan kering
|
Pedoman penskoran :
Skor maksimal 100
|
No
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Soal no 1
dijawab dengan benar dan tepat
(ada lima
jawaban yang harus dimunculkan dengan masing-masing jawaban bernilai 10 jika
benar)
|
50
|
|
2.
|
Soal no 2
dijawab dengan benar dan tepat
(ada lima
jawaban yang harus dimunculkan dengan masing-masing jawaban bernilai 10 jika
benar)
|
50
|
|
|
|
|
Penentuan nilai akhir dengan cara menjumlahkan
semua skor perolehan.
Contoh : Nilai Muhammad Amin
No 1 mendapat skor 30 karena hanya tiga
jawaban yang benar
No 2 mendapat skor 40 karena hanya empat jawaban yang benar
Jumlah skor perolehan 70
Mengetahui
Tangerang,
................2016
Kepala
SD ........................ Guru
Mata Pelajaran
(
............................................) (
................................ )
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester : V/II
Waktu : 1x pertemuan (2 jam pelajaran)
Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan antara gaya,gerak dan energi serta fungsinya
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
hubungan antara gaya,gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi,gaya gerak,gaya magnet)
I. Isilah tabel berikut
|
No
|
Nama Benda
|
Berat
|
Keterangan
|
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
II. Bandingkan seluruh
benda-benda tersebut dengan cara dijatuhkan bersama, dan tentukan bagaimana
benda tersebut jatuhnya!
|
III. Isilah tabel berikut
|
No
|
Nama Benda
|
Dapat Ditarik
|
Tidak Dapat Ditarik
|
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
IV. Tuliskan sifat-sifat magnet!
|
||
|
Ada yg lengkap kah
BalasHapus