RPP Lingkungan Hidup

Selasa, 13 September 2016

RPP LINGKUNGAN HIDUP KELAS 1 SD

 

MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1

Satuan Pendidikan         : SD...........................
Kelas                    : I ( satu )
Semester               : 1
Mata Pelajaran     : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan         : 1 kali pertemuan         
                            

Standar Kompetensi :
1. Menerapkan kebersihan di rumah dan sekolah.


Kompetensi Dasar                 :
1.1 Mengenal hidup bersih dan sehat di rumah dan sekolah


Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.1.1 Menyebutkan  contoh hidup bersih di rumah
1.1.2 Menyebutkan contoh hidup bersih di sekolah
           
I. Tujuan Pembelajaran : 
Melalui tanya jawab peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan hidup bersih di rumah dan di sekolah.

II. Materi Ajar           :
a.       Materi Pokok  
Contoh hidup bersih di rumah dan di sekolah
Contoh hidup sehat di rumah dan di sekolah

b.      Materi Pembelajaran
 - Kebersihan diri sendiri
 - Kebersihan lingkungan

Kebersihan Diri Sendiri
-      Mandi
-      Menggosok gigi
-      Mencuci rambut
-      Memotong kuku
-      Berpakaian bersih dan rapi

Kebersihan Lingkungan
-      Kebersihan di lingkungan rumah
-      Kebersihan di lingkungan sekolah

III. Alokasi Waktu     : 2 jam pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                      1 kali pertemuan.
           
IV. Metode, alat, bahan        :
Metode                  : Ceramah bervariasi.
Alat, bahan           :
Peralatan mandi seperti; Sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi.   
Shampo, handuk. ( dapat diganti dengan model atau gambar alat – alat tersebut )   
    2. Peralatan kebersihan dan kerapian pakaian, seperti ; sabun cuci, sikat  baju,strika.                      ( dapat diganti dengan model atau gambar alat – alat tersebut )    
                                   
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

 -  Mengkondisikan siswa pada situsi belajar mengajar,seperti mengabsen, mengatur tempat duduk,dll. 
-   Mengadakan tanya jawab tentang kegiatan di rumah sebelum berangkat ke  sekolah               ( mulai bangun tidur sampai tiba di sekolah ).
-   Secara klasikal menyanyikan lagu bangun tidur ciptaan Pak Kasur
bangun tidur
                                                   pak kasur

bangun tidur kuterus mandi
tidak lupa menggosok gigi
habis mandi kutolong ibu
membersihkan tempat tidurku
 
    Inti :
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang kegiatan kebersihan diri yang ada pada nyanyian.aerta mencari contoh lain tentang cara – cara menjaga kebersihan diri.
-      Selanjutnya 3 atau 4 orang peserta didik diminta untuk menceritakan cara – cara mandi yang baik.cara – cara menggosok gigi yang baik, dan cara merawat rambut.
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang kegiatan menjaga kebersihan lingkungan rumah dan lingkungan sekolah.
-      Secara individual peserta didik mengerjakan LKS
-      Pemeriksaan LKS
-      Penegasan dan penjelasan dari guru tentang cara – cara menjaga kebersihan diri
-      Mengingat kembali cara – cara menjaga kebersihan diri dengan menghafal sebuah puisi tentang cara nenjaga kebersihn diri. ( puisi dibacakan guru baris demi baris )
-      Contoh puisi :

mandi


                                                pagi hari
                                      aku mandi
                                      memakai sabun wangi
                                                kukeringkan badanku
                                                dengan handuk nan lembut
badanku bersih selalu
-       
    Penutup  :
-  Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang  cara – cara menjaga kebersihan diri.
    -  Pemberian tugas PR

VI. Penilaian Hasil Belajar

Rubrik Penilaian   
  1. Jenis Penilaian             : Lisan
  2. Bentuk Penilaian         : Jawaban singkat
3.   Instrumen Penilaian    :

Indikator pembelajaran
Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Menyebutkan  contoh hidup bersih di rumah


























1.  Disajikan sebuah kasus yang berhubungan dengan kebersihan diri.
Peserta didik dapat menyebutkan cara membersihkan badan setelah bangun tidur,
Nani baru bangun tidur, badannya bau.
Apa yang harus dia lakukan?

 Mandi
2. Menyebutkan cara mandi yang baik.

Apa yang harus digunakan ketika mandi, agar badan bebas dari kuman?

Sabun mandi
3.  Menyebutkan waktu yang tepat untuk menggosok gigi.

Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi?
1.    Sesudah makan
2.    Sebelum tidur

4.   Menyebutkan cara menjaga kesehatan rambut

Bagaimana cara menjaga kesehatan rambut?
Keramas memakai shampo
5.  Menyebutkan cara menjaga kebersihan kuku

Apa yang kamu lakukan jika kuku tanganmu panjang dan kotor?
Memotongnya
Menyebutkan contoh hidup bersih di sekolah

6.   Menyebutkan cara menjaga kebersihan kelas

Apa yang kamu lakukan jika lantai kelasmu kotor?
Membersihkanya

7.   Menyebutkan tempat membuang sampah yang benar.

Kemana kamu membuang sampah ketika sedang berada di sekolah?
Ke tempat sampah

Pedoman penskoran :
Skor maksimal 70
No
Kriteria
Skor
1.
Soal no 1 dijawab dengan benar dan tepat
10
2.
Soal no 2 dijawab dengan benar dan tepat
10
3.
Soal no 3 dijawab dengan benar, dan tepat
10
4.
Soal no 4 dijawab dengan benar dan tepat
10
5.
Soal no 5 dijawab dengan benar dan tepat
10
6.
Soal no 6 dijawab dengan benar dan tepat
10
7.
Soal no 7 dijawab dengan benar dan tepat
10

Penentuan nilai akhir Jumlahkan semua skor perolehan dibagi skor maksimal x 100
Contoh : Nilai Nani  
              No 1 mendapat skor 10
              No 2 mendapat skor 10
              No 3 mendapat skor 0
              No 4 mendapat skor 10
              No 5 mendapat skor 10
    No 6 mendapat skor 0
              No 7 mendapat skor 10

           Jumlah skor perolehan 50
Penghitungan nilai akhir 50 : 70 x 100
Nilai akhir yang diperoleh Nani 71,42

VII. Sumber Belajar :

     1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas I ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 


Lampiran :

1. Lembar Kerja Siswa
2. Syair lagu Bangun Tidur
3. Puisi berjudul Mandi
4. Soal Tes Lisan
                                           

 TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________
  NIP.











Lampiran 1

l k s

hubungkan dengan garis




Gambar sikat gigi






Gambar kuku jari  tangan




Gambar gunting kuku






Gambar sapi lidi



Gambar anak sedang mandi






Gambar pasta gigi



Gambar halaman rumah






Gambar sapu ijuk



Gambar lantai






Gambar sabun mandi 

Nilai :


Lampiran 2

bangun tidur
                                                   pak kasur

bangun tidur kuterus mandi
tidak lupa menggosok gigi
habis mandi kutolong ibu
membersihkan tempat tidurku

 


Lampiran 3

mandi


                        pagi hari
                        aku mandi
                        memakai sabun wangi
                              kukeringkan badanku
                              dengan handuk nan lembut
badanku bersih selalu



Lampiran 3

Soal Tes Lisan
Jawablah !

1. Nani baru bangun tidur, badannya bau.
    Apa yang harus dia lakukan?
2. Apa yang harus digunakan ketika mandi, agar badan bebas dari kuman?
3. Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi?
4. Bagaimana cara menjaga kesehatan rambut?
5. Apa yang kamu lakukan jika kuku tanganmu panjang dan kotor?
6. Apa yang kamu lakukan jika lantai kelasmu kotor?
7. Kemana kamu membuang sampah ketika sedang berada di sekolah?

















MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

2

Satuan Pendidikan         : SD...........................
Kelas                    : I ( satu )
Semester               : 1
Mata Pelajaran     : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan         : 1 kali pertemuan         
                            

Standar Kompetensi :
1. Menerapkan kebersihan di rumah dan sekolah.


Kompetensi Dasar                 :
1.1 Mengenal hidup bersih dan sehat di rumah dan sekolah


Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.1.3 Menyebutkan contoh hidup sehat di rumah
1.1.4 Menyebutkan contoh hidup sehat di sekolah
           
I. Tujuan Pembelajaran : 
Melalui tanya jawab peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan hidup sehat di rumah dan di sekolah.

II. Materi Ajar           :
a.   Materi Pokok  
Contoh hidup sehat di rumah dan di sekolah

b.   Materi Pembelajaran
- Hidup sehat di rumah
- Hidup sehat di sekolah

Hidup Sehat di Rumah
-      Pola makan
-      Pola tidur
-      Rumah sehat
Hidup Sehat di Sekolah
-      Hidup sehat di kelas
-      Hidup sehat di luar kelas
-      Sekolah sehat

III. Alokasi Waktu     : 2 jam Pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                      1 kali pertemuan.
           
IV. Metode, alat, bahan        :
Metode                  : Ceramah bervariasi.
Alat, bahan           :
Berbagai gambar cara hidup sehat di rumah seperti; gambar tidur yang sehat, gambar cuci tangan memakai sabun, gambar rumah sehat, dll.     
    2. Berbagai gambar cara hidup sehat di sekolah seperti; gambar cara duduk  yang sehat , gambar cara membaca yang sehat,gambar memilih makanan sehat, gambar sekolah sehat dll.     
                                   
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

 -  Mengkondisikan peserta didik pada situsi belajar mengajar, dengan bertanya jawab tentang pelajaran yang lalu ( hidup bersih di rumah dan di sekolah )
-   Secara klasikal menyanyikan lagu pakaianku 
        ( irama lagu  di sini senang di sana senang )

pakaianku
bajuku bersih
bajuku rapi
bajuku slalu bersih dan rapi
kaos kaki bersih
sepatu bersih
nyaman dipakai nyaman dipandang
la la la la la la la la
la la la la la la la la  
la la la la la la la la  
                                                slalu bersih
                                                li li li li li li li li
li li li li li li li li  
li li li li li li li li  
                                                                        slalu rapi
 
    Inti :
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang kegiatan hidup sehat yang ada pada nyanyian.serta mencari contoh lain tentang cara – cara hidup sehat.
-      Selanjutnya 2 atau 3 orang peserta didik diminta untuk menceritakan hidup sehat di rumah dan di sekolah.
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang cara hidup sehat di rumah dan di sekolah seperti tentang pola makan, pola tidur, cara hidup sehat di sekolah,dll.
-      Peserta didik mengerjakan LKS secara individual
-      Pemeriksaan LKS
-      Penegasan dan penjelasan dari guru tentang cara – cara hidup sehat di rumah dan di sekolah.
-      Mengingat kembali cara – cara melaksanakan hidup sehat di rumh dan di sekolah dengan tanya jawab antar kelompok.

    Penutup  :
-  Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang  cara – cara hidup sehat di rumah dan di sekolah
    -    Pemberian tugas PR


VI. Penilaian Hasil Belajar

Rubrik Penilaian   
1. Jenis Penilaian               : Lisan
2. Bentuk Penilaian           : Uraian
3. Instrumen Penilaian      :

Indikator pembelajaran
Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Menyebutkan  contoh hidup sehat di rumah




1.  Menyebutkan  contoh hidup sehat di rumah


   Sebutkan 3 contoh cara hidup sehat di rumah!

 1. makan teratur
 2. tidur teratur
 3. olah raga teratur
 4.  berpakaian bersih dan rapi

Menyebutkan contoh hidup sehat di sekolah

4.   Menyebutkan contoh hidup sehat di sekolah

Sebutkan 3 contoh cara hidup sehat di sekolah!
1.  di dalam kelas duduk dengan posisi yang benar
2.   membuang sampah pada tempatnya
3.  tidak jajan sembarangan


Pedoman penskoran :
Skor maksimal 60

No
Kriteria
Skor
1.
Soal no 1 dijawab 3 dengan benar dan tepat
30

              dijawab 2 dengan benar dan tepat
20

              dijawab 1 dengan benar, dan tepat
10
2.
Soal no 2 dijawab dengan benar dan tepat
30

              dijawab 2 dengan benar dan tepat
20

              dijawab 1 dengan benar, dan tepat
10

Penentuan nilai akhir Jumlahkan semua skor perolehan : skor maksimal x
Contoh : Nilai Nina
              No 1 dijawab 3 mendapat skor 30
              No 2 dijawab 2 mendapat skor 20
              Jumlah skor perolehan             50 : 60 x 100 = 83,33
Nilai akhir yang diperoleh Nina 83,33

VII. Sumner Belajar :

     1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas I ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 


Lampiran :

1. Lembar Kerja Siswa
2. Syair lagu pakaianku
3. Soal tes lisan                                 


 TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________
  NIP.
Lampiran 1

l k s



warnailah!



Gambar anak usia kelas I SD sedang membuang sampah pada tempatnya di halaman sekolah
 
 





































Lampiran 2       
( irama lagu  di sini senang di sana senang )

pakaianku
bajuku bersih
bajuku rapi
bajuku slalu bersih dan rapi
kaos kaki bersih
sepatu bersih
nyaman dipakai nyaman dipandang
la la la la la la la la
la la la la la la la la  
la la la la la la la la  
                                slalu bersih
                                li li li li li li li li
li li li li li li li li  
li li li li li li li li  
                                                slalu rapi



Lampiran 3
Soal Tes Lisan

Jawablah!
1. Sebutkan 3 contoh cara hidup sehat di rumah!
2. Sebutkan 3 contoh cara hidup sehat di sekolah!








MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

3

Satuan Pendidikan         : SD...............................
Kelas                    : I ( satu )
Semester               : 1
Mata Pelajaran     : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan         : 1 kali pertemuan         
                            

Standar Kompetensi :
1. Menerapkan kebersihan di rumah dan sekolah.


Kompetensi Dasar                 :
1.2 Menyenangi kebersihan dan kesehatan di rumah dan di sekolah

Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.2.1 Menjelaskan  cara – cara hidup bersih di rumah
1.2.2 Menjelaskan cara – cara hidup bersih di sekolah.
           
I. Tujuan Pembelajaran : 
Melalui tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan  cara – cara hidup bersih di rumah dan di swkolah.

II. Materi Ajar           :
a.   Materi Pokok  
Contoh cara hidup bersih di rumah dan di sekolah

b.   Materi Pembelajaran
- Cara hidup bersih di rumah
- Cara hidup bersih di sekolah

Cara Hidup Bersih di Rumah
-      Selalu menjaga kebersihan diri seperti bersih badan, bersih pakaian.
-      Selalu menjaga kebersihan rumah seperti bersih di dalam rumah, bersih di luar rumah

Cara Hidup Bersih di Sekolah
-      Selalu menjaga kebersihan diri seperti bersih badan, bersih pakaian.
-      Selalu menjaga kebersihan sekolah seperti bersih di dalam kelas, bersih di luar kelas

III. Alokasi Waktu     : 2 jam Pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                      1 kali pertemuan.
           
IV. Metode, alat, bahan        :
Metode                  : Ceramah bervariasi
Alat, bahan           :
Berbagai gambar cara hidup bersih di rumah seperti; gambar anak yang sedang mandi, sedang memotong kuku, gambar berpakaian bersih dan rapi, dll.     
    2. Berbagai gambar cara hidup bersih di sekolah seperti; gambar anak – anak sedang membersihkan kelas, gambar anak sedang membuang sampah ke tempay sampah,gambar anak sedang membersihkan halaman sekolah gambar anak sedang membersihkan taman sekolah dll.     
                                   
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

 -  Mengkondisikan peserta didik pada situsi belajar mengajar, dengan bertanya jawab tentang pelajaran yang lalu ( hidup sehat di rumah dan di sekolah )
-   Secara klasikal menyanyikan lagu bersih – bersih.   
        ( irama lagu  naik delman )

bersih – bersih
                    pada hari minggu
                   aku bekerja bersama
                   bersihkan halaman
                   dengan tugas yang berbeda
                                         ayah potong rumput
                                         akulah yang memungutnya
                                         ibu rawat bunga
                                         kakaklah yang menyiramnya
                                                oh …….  yo ayo ayo ayo ayo ayo ayo
                                                ih  …….. ya iya iya iya iya iya iya 
                                                bersihkan bersama
 
    
Inti :
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang kegiatan hidup beraih yang ada pada nyanyian.serta mencari contoh lain tentang cara – cara hidup bersih
-      Selanjutnya 2 atau 3 orang peserta didik diminta untuk menceritakan cara – cara menjaga kebersihan diri di rumah dan di sekolah.
-      Beberapa peserta didik diminta untuk menjelaskan cara mandi yang bersih, cara berpakaian bersih, cara membersihkan kuku.
-      Beberapa peserta didik diminta untuk menjelaskan cara membersihkan meja, kursi, cara membersihkan kelas, cara membersihkan halaman sekolah.dll.
-      Penegasan dan penjelasan dari guru tentang cara – cara hidup bersih di rumah dan di sekolah.
-      Mengingat kembali cara – cara melaksanakan hidup bersih di rumh dan di sekolah dengan tanya jawab secara klasikal.

    Penutup  :
-  Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang  cara – cara hidup nersih di rumah dan di sekolah
    -   Pemberian tugas PR


VI. Penilaian Hasil Belajar

Rubrik Penilaian   
  1. Jenis Penilaian             : Lisan
  2. Bentuk Penilaian         : Jawaban singkat
3.   Instrumen Penilaian    :

Indikator pembelajaran
Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Menyebutkan  contoh hidup bersih di rumah

















1.  Menjelaskan cara mandi yang bersih.

Bagaimana cara mandi yang bersih?
( jawab paling sedikit 3 jawaban )

 1. Menggunakan air bersih
 2. Memakai sabun mandi
 3. Setelah mandi  keringkan badan menggunakan handuk bersih.


2. Menjelaskan cara berpakaian  yang baik.

Bagaimana cara berpakaian  yang baik?
1. Gunakan pakaian yang bersih
2.  Pakaian kotor segera dicuci
3   Setrika pakaian setelah kering

3.  Menjelaskan 3 cara membersihkan rumah.

Bagaimana cara menjaga kebersihan rumah!
1.  Menyapu lantai
2.  Mengepel lantai
3.    Menyapu halaman
4.    dll

Menyebutkan contoh hidup bersih di sekolah

4.   Menjelaskan 3 cara membersihkan sekolah.

Bagaimana cara menjaga kebersihan sekolah!
1.  Memversihkan kelas
2.  Membersihkan   halaman
3.  Membersihkn taman
4.  dll


Pedoman penskoran :
Skor maksimal 100

No
Kriteria
Skor
1.
Soal no 1 dijawab dengan benar dan tepat
25
2.
Soal no 2 dijawab dengan benar dan tepat
25
3.
Soal no 3 dijawab dengan benar, dan tepat
25
4.
Soal no 4 dijawab dengan benar dan tepat
25

Penentuan nilai akhir Jumlah semua skor perolehan : Skor  maksimal x 100
Contoh : Nilai Nina
              No 1 mendapat skor 25
              No 2 mendapat skor 15
              No 3 mendapat skor 25
              No 4 mendapat skor 10
           Jumlah skor perolehan   75
Nilai akhir yang diperoleh Nina 75 : 100 x 100 = 75

VII. Sumner Belajar :

     1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas I ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 


Lampiran :

1. lagu bersih – bersih
2. Soal tes lisan
                                           


 TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________
  NIP.




 




















Lampiran 1 :

        ( irama lagu  naik delman )

bersih – bersih
                  
                   pada hari minggu
                   aku bekerja bersama
                   bersihkan halaman
                   dengan tugas yang berbeda
                                         ayah potong rumput
                                         akulah yang memungutnya
                                         ibu rawat bunga
                                         kakaklah yang menyiramnya
                                                oh …….  yo ayo ayo ayo ayo ayo ayo
                                                ih  …….. ya iya iya iya iya iya iya 
                                                bersihkan bersama
























Lampiran 2 :

Soal Tes Lisan
1.  Bagaimana cara mandi yang bersih?
       ( jawab paling sedikit 3 jawaban )
  2.  Menjelaskan cara berpakaian  yang baik.
       Menjelaskan 3 cara membersihkan rumah.
  3. Menjelaskan 3 cara membersihkan sekolah.








































MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

4

Satuan Pendidikan         : SD................................
Kelas                    : I ( satu )
Semester               : 1
Mata Pelajaran     : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan         : 1 kali pertemuan         
                            

Standar Kompetensi :
1. Menerapkan kebersihan di rumah dan sekolah.


Kompetensi Dasar                 :
1.2 Menyenangi kebersihan dan kesehatan di rumah dan di sekolah


Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.2.1 Mejelaskan  cara – cara hidup sehat di rumah
1.2.2 Menjelaskan cara – cara hidup sehat di sekolah.
           
I. Tujuan Pembelajaran : 
Melalui tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan cara hidup sehat di rumah dan di sekolah.

II. Materi Ajar           :
a.   Materi Pokok  
Cara hidup sehat di rumah dan di sekolah

b.   Materi Pembelajaran
- Cara hidup sehat di rumah
- Cara hidup sehat di sekolah

Cara Hidup Sehat di Rumah
-      Cara  makan yang sehat
-      Cara tidur yang sehat
-      Cara menjaga kesehatan rumah
Hidup Sehat di Sekolah
-      Cara duduk yang sehat
-      Cara membaca yang sehat
-      Cara memilih makanan sehat
-      Cara menjaga kesehatan sekolah

III. Alokasi Waktu     : 2 jam Pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                      1 kali pertemuan.
           
IV. Metode, alat, bahan        :
Metode                  : Ceramah bervariasi.
Alat, bahan           :
Kartu hidup sehat buatan guru 
                                   
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

 -  Mengkondisikan siswa pada situsi belajar mengajar, dengan bertanya jawab tentang pelajaran yang lalu ( hidup sehat di rumah dan di sekolah )
-   Secara klasikal menyanyikan lagu bersih – bersih  
        ( irama lagu  becak)

bersih dan sehat

di rumah di sekolah
dimanapun berada
janganlah kita lupa
jaga kebersihannya
                                      ayo kita semua 
                                      tetap bersih dan sehat
                                      bersih sehat
                                      di setiap saat
 
    Inti :
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang kegiatan hidup sehat yang ada pada nyanyian.serta mencari contoh lain tentang cara – cara hidup sehat.
-      Selanjutnya 2 atau 3 orang peserta didik diminta untuk menceritakan hidup sehat di rumah dan di sekolah.
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang cara hidup sehat di rumah dan di sekolah seperti tentang pola makan, pola tidur, cara duduk yang sehat, cara membaca yang sehat, dll.
-      Beberapa peserta didik diminta untuk menjelaskan cara pola makan, pola tidur, cara duduk yang sehat, cara membaca yang sehat, dll
-      Beberapa peserta didik diminta untuk menjelaskan cara menjaga kesehatan di rumah dan di sekolah.
-      Penegasan dan penjelasan dari guru tentang cara – cara hidup bersih di rumah dan di sekolah.
-      Mengingat kembali cara – cara melaksanakan hidup sehat di rumah dan di sekolah dengan tanya jawab secara klasikal.
-       
    Penutup  :
-  Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang  cara – cara hidup sehat di rumah dan di sekolah
    -    Pemberian tugas PR



VI. Penilaian Hasil Belajar

Rubrik Penilaian   
  1. Jenis Penilaian             : Lisan
  2. Bentuk Penilaian         : Jawaban singkat
3.   Instrumen Penilaian    :

Indikator pembelajaran
Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Menyebutkan  contoh hidup sehat di rumah

















1.  Menjelaskan cara makan yang sehat.

Bagaimana cara makanyang sehat?

 1. Cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan
 2. Makan 3 kali sehari
 3. Makan yang bergizi
 4. Makanan dan minuman tdak terlalu panas atau terlalu dingin.

2. Menjelaskan cara tidur yang sehat.

Bagaimana cara tidur yang sehat?
1. Tidur jangan terlalu malam
2. Gunakan lampu yang  redup ketika tidur.

3.  Menyebutkan 3 ciri rumah sehat.

Sebutkn 3 ciri rumah sehat!
1.  Halaman dan lantainya bersih
2.  Cukup udara
1.    Cukup cahaya

Menyebutkan contoh hidup sehat di sekolah

4.   Menyebutkan cara duduk yang sehat

Bagaimana cara duduk yang sehat?
1. Duduk tegak,
2. Tidak terlalu membungkuk
3. Tidak terlalu  mendongak

5.   Menyebutkan cara membaca yang sehat.

Bagaimana cara membaca yang sehat?
1.Buku yang dibaca jangan terlalu dekat ke mata
 2. Jangan membaca di tempat yang rem ang – remang
  3 Jangan membaca di tempat yang terlalu terang

Pedoman penskoran :
Skor maksimal 100

No
Kriteria
Skor
1.
Soal no 1 dijawab dengan benar dan tepat
20
2.
Soal no 2 dijawab dengan benar dan tepat
20
3.
Soal no 3 dijawab dengan benar, dan tepat
20
4.
Soal no 4 dijawab dengan benar dan tepat
20
5.
Soal no 5 dijawab dengan benar dan tepat
20

Penentuan nilai akhir Jumlahkan semua skor perolehan
Contoh : Nilai Nina
              No 1 mendapat skor 20
              No 2 mendapat skor 20
              No 3 mendapat skor 0
              No 4 mendapat skor 20
              No 5 mendapat skor 20

              Jumlah skor perolehan 80
Nilai akhir yang diperoleh Nina 80

VII. Sumner Belajar :

     1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
     2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas I ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 


Lampiran :

1. Lirik lagu Hidup sehat
2. Soal tes lisan

                                           


 TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________
  NIP.
        
























Lampiran 1
      
 ( irama lagu  becak)

bersih dan sehat

di rumah di sekolah
dimanapun berada
janganlah kita lupa
jaga kebersihannya
                                ayo kita semua 
                                tetap bersih dan sehat
                                bersih sehat
                                di setiap saat

Lampiran 2

Soal Tes lisan
1. Bahaimana cara makan yang sehat?
                             ( jawab paling sedikit 3 jawaban )
2. Bagaimana cara tidur yang sehat?
3. Sebutkn 3 ciri rumah sehat!
4. Bagaimana cara duduk yang sehat?
5. Bagaimana cara membaca yang sehat?












MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

5

Satuan Pendidikan         : SD................................
Kelas                    : I ( satu )
Semester               : 1
Mata Pelajaran     : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan         : 1 kali pertemuan         
                            

Standar Kompetensi :
1. Menerapkan kebersihan di rumah dan sekolah.


Kompetensi Dasar                 :
1.3   Melaksanakan pola hidup bersih dan sehat di rumah dan di sekolah

Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.3.1 Mempraktikkan  cara – cara hidup bersih di rumah
1.3.2 Mempraktikkan cara – cara hidup bersih di sekolah.
           
I. Tujuan Pembelajaran :  
Melalui demonstrasi peserta didik dapat menjelaskan  cara – cara hidup bersih di rumah dan di sekolah.

II. Materi Ajar           :
a.   Materi Pokok  
Melaksanakan hidup bersih di rumah dan di sekolah

b.   Materi Pembelajaran
- Hidup bersih di rumah
- Hidup bersih di sekolah

Hidup Bersih di Rumah
-      Mempraktikkan cara menjaga kebersihan diri seperti bersih badan, bersih pakaian.
-      Mempraktikkan cara menjaga kebersihan rumah seperti bersih di dalam rumah, bersih di luar rumah

Hidup Bersih di Sekolah
-      Mempraktikkan cara menjaga kebersihan diri seperti bersih badan, bersih pakaian.
-      Mempraktikkan cara menjaga kebersihan sekolah seperti bersih di dalam kelas, bersih di luar kelas

III. Alokasi Waktu     : 2 jam Pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                      1 kali pertemuan.
           
IV. Metode, alat, bahan        :
Metode                  : Demonstrasi
Alat, bahan           :
 Berbagai alat kebersihan diri seperti; alat mandi, gunting kuku, sabun cuci, sabun mandi, setrika,dll.     
       2.  Berbagai alat kebersihan lingkungan rumah dan sekolah seperti; sapu ijuk, sapu lidi, lap,    skop, kemoceng, dll
                                   
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

 -  Mengkondisikan peserta didik pada situsi belajar mengajar, dengan bertanya jawab tentang pelajaran yang lalu ( cara hidup sehat di rumah dan di sekolah )
-   Secara klasikal menyanyikan lagu membersihkan tempat tidur.  
        ( irama lagu  air/ diobok – obok.Papa T Bob )

membersihkan tempat tidur

disapu – sapu kasurnya supaya bersih
diusap – usap sepreinya supaya rapi
ditepuk – tepuk bantalnya supaya bersih
                             dilipat – lipat selimut supaya rapi
rapikan selimut  rapikan  bantal
                             rapikan sendiri
    
Inti :
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang kegiatan hidup bersih yang ada pada nyanyian.serta mencari contoh lain tentang cara – cara hidup bersih,selanjutnya 2 atau 3 orang peserta didik diminta untuk menceritakan cara – cara menjaga kebersihan diri di rumah dan di sekolah.
-      Beberapa peserta didik diminta untuk mempraktikkan cara mandi yang bersih ( Tidak mandi sesungguhnya, bisa menggunakan boneka sebagai model ), cara berpakaian bersih, cara membersihkan kuku.
-      Secara berpasangan peserta didik diminta untuk saling memeriksa kebersihan diri seperti kuku, daun telinga, gigi, dll.
-      Beberapa peserta didik diminta untuk mempraktikkan cara membersihkan rumah, halaman, kamar mandi, meja, kursi, cara membersihkan kelas, cara membersihkan halaman sekolah.dll.( yang tidak mungkin dipraktikkan olrh peserta didik kelas I dapat dipraktikkan menggunakan model, misal model kamar mandi)
-      Penegasan dan penjelasan dari guru tentang cara – cara hidup bersih di rumah dan di sekolah.
-      Mengingat kembali cara – cara melaksanakan hidup bersih di rumh dan di sekolah dengan tanya jawab secara klasikal.

    Penutup  :
-  Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang  cara – cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan di rumah dan di sekolah
    -   Pemberian tugas PR


VI. Penilaian Hasil Belajar

Rubrik Penilaian   
1.   Jenis Penilaian             : Perbuatan
      2.   Bentuk Penilaian         : Uraian
3.   Instrumen Penilaian    :

Indikator pembelajaran
Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Mempraktikkan  cara – cara hidup bersih di rumah










1.  Mempraktikkan cara mandi yang bersih.

Praktikkanlah cara mandi yang bersih?
( Gunakan boneka sebagai model)




2. Mempraktikkan cara berpakaian  yang baik.

Praktikkanlah cara berpakaian  yang baik?

3.  Mempraktikkan cara membersihkan lantai rumah.

Praktikkanlah cara membersihkan lantai rumah.!

Mempraktikkan cara – cara hidup bersih di sekolah.

4.   Mempraktikkan  cara membersihkan halaman sekolah.

Bagaimana cara menjaga kebersihan halaman sekolah!



5.   Mempraktikkan  cara membersihkan taman sekolah.

Bagaimana cara menjaga kebersihan taman sekolah!


Pedoman penskoran :
Skor maksimal 100

No
Kriteria
Skor
1.
Soal no 1 dipraktikkan dengan benar dan tepat
20
2.
Soal no 2 dipraktikkan dengan benar dan tepat
20
3.
Soal no 3 dipraktikkan dengan benar dan tepat
20
4.
Soal no 4 dipraktikkan dengan benar dan tepat
20
5.
Soal no 5 dipraktikkan dengan benar dan tepat
20

Penentuan nilai akhir Jumlah semua skor perolehan : Skor  maksimal x 100
Contoh : Nilai Nina
              No 1 mendapat skor 20
              No 2 mendapat skor 15
              No 3 mendapat skor 20
              No 4 mendapat skor 10
              No 5 mendapat skor 10
           Jumlah skor perolehan   75
Nilai akhir yang diperoleh Nina 75 : 100 x 100 = 75




VII. Sumber Belajar :

     1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas I ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 


Lampiran :

1. lagu membersihkan tempat tidur
2. Soal tes perbuatan
                                           


 TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________
  NIP.




 























Lampiran 1 :

        ( irama lagu  Air/ Diobok - obok Papa T Bob )

membersihkan tempat tidur

disapu – sapu kasurnya supaya bersih
diusap – usap sepreinya supaya rapi
ditepuk – tepuk bantalnya supaya bersih
                             dilipat – lipat selimut supaya rapi
rapikan selimut  rapikan  bantal
                             rapikan sendiri
    

Lampiran 2 :

Soal Tes Perbuatan
Praktikkanlah!
     1. Praktikkanlah cara mandi yang bersih?
         ( Gunakan boneka sebagai model)
  2.  Praktikkanlah cara berpakaian  yang baik?
  3. Praktikkanlah cara membersihkan lantai rumah!
  4. Bagaimana cara menjaga kebersihan halaman sekolah!
  5. Bagaimana cara menjaga kebersihan taman sekolah! 















MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

6

Satuan Pendidikan         : SD..............................
Kelas                    : I ( satu )
Semester               : 1
Mata Pelajaran     : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan         : 1 kali pertemuan         
                            

Standar Kompetensi :
1. Menerapkan kebersihan di rumah dan sekolah.


Kompetensi Dasar                 :
1.3   Melaksanakan pola hidup bersih dan sehat di rumah dan di sekolah

Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.3.1 Mempraktikkan  cara – cara hidup sehat di rumah
1.3.2 Mempraktikkan cara – cara hidup sehat di sekolah.
           
I. Tujuan Pembelajaran : 
Melalui demonstrasi peserta didik dapat mempraktikkan cara hidup sehat di rumah dan di sekolah.

II. Materi Ajar           :
a.   Materi Pokok  
Hidup sehat di rumah dan di sekolah

b.   Materi Pembelajaran
- Mempraktikkan cara hidup sehat di rumah
- Mempraktikkan cara hidup sehat di sekolah

Mempraktikkan Cara Hidup Sehat di Rumah
-      Cara  makan yang sehat
-      Cara tidur yang sehat
-      Cara menjaga kesehatan rumah

Mempraktikkan Cara Hidup Sehat di Sekolah
-      Cara duduk yang sehat
-      Cara membaca yang sehat
-      Cara memilih makanan sehat
-      Cara menjaga kesehatan sekolah

III. Alokasi Waktu     : 2 jam Pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                      1 kali pertemuan.
           
IV. Metode, alat, bahan        :
Metode                  : Demonstrasi
Alat, bahan           :
 Gambar- gambar cara hidup sehat.
 Alat – alat dan bahan kebutuhan makan, sabun cuci tangan, lap tangan,  kursi meja, buku,
                                   
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

 -  Mengkondisikan siswa pada situsi belajar mengajar, dengan meminta peserta didik untuk mempraktikkan tentang pelajaran yang lalu ( hidup bersih di rumah dan di sekolah )

    Inti :
-      2 atau 3 orang peserta didik diminta untuk menceritakan hidup sehat di rumah dan di sekolah.
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang cara hidup sehat di rumah dan di sekolah seperti tentang pola makan, pola tidur, cara duduk yang sehat, cara membaca yang sehat, dll.
-      Beberapa peserta didik diminta untuk mempraktikkan cara pola makan, pola tidur, cara duduk yang sehat, cara membaca yang sehat, dll
-      Beberapa peserta didik diminta untuk mempraktikkan cara menjaga kesehatan di rumah dan di sekolah.
-      Penegasan dan penjelasan dari guru tentang mempraktikkan cara – cara hidup bersih di rumah dan di sekolah.
-      Mengingat kembali cara – cara melaksanakan hidup sehat di rumah dan di sekolah dengan tanya jawab secara klasikal.
-       
    Penutup  :
-  Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang  cara – cara hidup sehat di rumah dan di sekolah
    -    Pemberian tugas PR



VI. Penilaian Hasil Belajar

Rubrik Penilaian   
 1.   Jenis Penilaian                        : Perbuatan
2.   Bentuk Penilaian                    : Uraian
 3.   Instrumen Penilaian               :

Indikator pembelajaran
Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Mempraktikkan cara hidup sehat di rumah








1.  Mempraktikkan cara makan yang sehat.

Praktikkanlah cara makan yang sehat!


.

2. Mempraktikkan cara tidur yang sehat.

Praktikkanlah cara tidur yang sehat!

3.  Mempraktikkan menjaga kesehatan rumah.

Praktikkanlah cara menjaga kesehatan rumah!

Mempraktikkan cara hidup sehat di sekolah

4.   Mempraktikkan cara duduk yang sehat

Praktikkanlah cara duduk yang sehat!


5.  Mempraktikkan cara membaca yang sehat.

Praktikkanlah cara membaca yang sehat!


Pedoman penskoran :
Skor maksimal 100

No
Kriteria
Skor
1.
Soal no 1 dipraktikkan dengan benar dan tepat
20
2.
Soal no 2 dipraktikkan dengan benar dan tepat
20
3.
Soal no 3 dipraktikkan dengan benar, dan tepat
20
4.
Soal no 4 dipraktikkan dengan benar dan tepat
20
5.
Soal no 5 dipraktikkan dengan benar dan tepat
20

Penentuan nilai akhir Jumlahkan semua skor perolehan
Contoh : Nilai Nina
              No 1 mendapat skor 20
              No 2 mendapat skor 20
              No 3 mendapat skor 20
              No 4 mendapat skor 10
              No 5 mendapat skor 15

              Jumlah skor perolehan 85
Nilai akhir yang diperoleh Nina 85

VII. Sumber Belajar :

     1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
     2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas I ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 


Lampiran :

1. Soal tes perbuatan

                                           


TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________
  NIP.












Lampiran 1

Soal Tes Perbuatan

Praktikkanlah!
1. Praktikkanlah cara makan yang sehat!
2. Praktikkanlah cara tidur yang sehat!
3. Praktikkanlah cara menjaga kesehatan rumah!
4. Praktikkanlah cara duduk yang sehat
5. Praktikkanlah cara membaca yang sehat!





































MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      : SD..........................
Kelas                         :  I ( satu )
Semester                   : 1
Mata Pelajaran           : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan      : 1 kali pertemuan     
                       

Standar Kompetensi  :
3. Berperilaku disiplin terhadap pemeliharaan tanaman

Kompetensi Dasar              :
3.1   Menyebutkan cara – cara berperilaku disiplin dalam memelihara tanaman

Indikator Pencapaian Kompetensi :
Mejelaskan cara – cara berperilaku disiplin dalam memelihara tanaman di sekitar sekolah.
       
I. Tujuan Pembelajaran : 
Peserta didik dapat menjelaskan cara berperilaku disiplin dalam memelihara tanaman yang ditanam dalam pot sekolah, dengan benar.

II. Materi Ajar    :
c.   Materi Pokok  
Sikap disiplin dalam memelihara tanaman yang ditanam dalam pot.

d.  Materi Pembelajaran
 - Disiplin ketika merawat tanaman.
 - Disiplin ketika menyiram tanaman.
 - Disiplin ketika memupuk tanaman.


Disiplin ketika merawat tanaman.
-      Tanah dalam pot yang sudah mengeras harus digemburkan.
-      Daun – daun yang sudah kering harus dilepas supaya tanaman tampak segar.
-      Daun kering yang sudah dilepas dikubur dekat tanaman supaya busuk menjadi pupuk.
-      Menyimpan tanaman yang terkena cahaya matahari.

Disiplin ketika menyiram tanaman.
-      Menyiram tanaman menggunakan cerek penyiram tanaman.
-      Tanah dalam pot yang masih basah jangan disiram

 Disiplin ketika memupuk tanaman.
-      Tanaman harus dipupuk supaya subur.
-      Memupuk tanaman jangan berlebihan.

III. Alokasi Waktu       : 2 jam Pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                  1 kali pertemuan.
       
IV. Metode /sumber /alat , bahan        :
Metode     : Demonstrasi
Sumber     : 1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
 2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas I ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 
Alat, bahan       : 1  Tanaman dalam pot
                          2. Skop kecil
                          3. Cerek penyiram tanaman
                          4. Pupuk
                          5. Air
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

-   Mengkondisikan siswa pada situsi belajar mengajar.
-   Mengadakan tanya jawab tentang materi pertemuan sebelumnya.
-   Secara klasikal menyanyikan lagu aku seorang kapiten yang  liriknya diganti dengan kata – kata yang mengarah pada materi pembelajaran.
kusuka
                                ( Lirik lagu Aku Seorang Kapiten )

aku anak kelas satu
senang terhadap tanaman
tanam rawat pelihara
kulakukan setiap saat
   
   -   Sambil bernyanyi, secara klasikal peserta didik berbaris menuju ke luar kelas, dengan bimbingan dan pengawasan guru.
   -   Pembagian kelompok setiap kelompok 2 orang.
    
    Inti :
-      Secara kelompok, peserta didik diminta untuk menghadapi sebuah pot bunga yang ada di halaman sekolah.
-      Peserta didik mulai merawat tanaman dalam pot ( meggemburkan tanah, melepas daun kering dan menguburnya, membersihkan tanaman dari hama, dan menyiram tanaman), guru mengamati dan memberikan arahan terhadap peserta didik.
-    Secara bergiliran peserta didik mencuci tangan memakai sabun,
-   Peserta didik diminta berbaris kembali dan masuk kelas sambil bernyayi.
-   Setiap pasangan peserta didik, secara bergiliran melaporkan hasil pekerjaannya di depan kelas.
-   Tanya jawab tentang perilaku disiplin terhadap tanaman.
    Penutup  :
- Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang perilaku disiplin dalam memelihara tanaman, dilanjutkan dengan penegasan dari guru.
    -  Pemberian tugas PR

VI. Penilaian Hasil Belajar
Rubrik Penilaian   
7.  Jenis Penilaian          : Lisan dan Unjuk kerja
8.  Bentuk Penilaian       : Jawaban singkat dan Uraian
  1. Instrumen Penilaian   :
Indikator pembelajaran

Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Mejelaskan cara – cara berperilaku disiplin dalam memelihara tanaman di sekitar sekolah.















1.  Disajikan sebuah kasus.
Peserta didik dapat menyebutkan tindakan yang harus dilakukan apa bila melihat tanaman layu.

Tanamanmu dalam pot yang disimpan di teras sekolahmu tampak layu.
Apa yang harus kamu lakukan?

 Menyiramnya
2. Disajikan sebuah kasus.
Peserta didik dapat menyebutkan sikap disiplin ketika melihat tanah dalam pot telah mengeras

Ani murid kelas I. Ani  memiliki tanaman dalam pot.Tanah dalam pot tersebut sudah mengeras, apa yang harus dilakukan?

Menggemburkannya

3. Peserta didik dapat menyebutkan cara berperilaku disiplin ketika merawat tanaman.



Sebutkan  contoh sikap disiplin dalam merawat tanaman!
2.  Menggemburkan tanah.
3.  Melepas daunkering.
4.  Mengubur daun kering.
5.  Menyiram
6.  Memupuk
10.         Peserta didik dapat menyebutkan cara berperilaku disiplin ketika menyiram tanaman.

Sebutkan contoh sikap disiplin yang dilakukan ketika menyiram tanaman?
1.  Tidak membuang – buang air.
2.  Tanah yang masih basah tidak perlu disiram
5.  Peserta didik dapat menyebutkan cara berperilaku disiplin ketika memupuk tanaman.


Bagaimana cara memupuk tanaman yang baik?
1.    Dipupuk secara teratur.
2.    menghemat pupuk.

Pedoman penskoran :
Skor maksimal 100

No
Kriteria
Skor
1.
Soal no 1 dijawab dengan benar dan tepat
10
2.
Soal no 2 dijawab dengan benar dan tepat
10
3.
Soal no 3 dijawab dengan lengkap, benar, dan tepat
40
4
Soal no 4 dijawab dengan benar dan tepat
20
5.
Soal no 5 dijawab dengan benar dan tepat
20




Penentuan nilai akhir Jumlahkan semua skor perolehan.
Contoh : Nilai Adi  
              No 1 mendapat skor 10
              No 2 mendapat skor 10
              No 3 mendapat skor 24
              No 4 mendapat skor 20
              No 2 mendapat skor 10
              Jumlah skor perolehan 74
Penghitungan nilai akhir Jumlah skor perolehan : Skor maksimal x 100
Nilai akhir yang diperoleh Adi 74

Lamapiran – lampiran :
  1. Lembar pengamatan unjuk kerja proses
.

             

 TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________

  NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar