RPP Lingkungan Hidup

Selasa, 13 September 2016

RPP LINGKUNGAN HIDUP KELAS 2 SD

 

MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1

Satuan Pendidikan         : SD..................................
Kelas                    : I I (dua)
Semester               : 1
Mata Pelajaran     : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan         : 1 kali pertemuan         
                            

Standar Kompetensi :
1. Melakukan berbagai cara pembibitan sesuai dengan jenis tanaman.

Kompetensi Dasar                 :
1.1 Menjelaskan cara – cara    pembibitan tanaman.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.1.1 Menjelaskan  cara – cara pembibitan tanaman biji
1.1.2 Menjelaskan  cara – cara pembibitan tanaman tidak berbiji

I. Tujuan Pembelajaran : 
Melalui tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan  cara – cara pembibitan tanaman biji dan tanaman tidak berbiji ( contoh tanaman cabe dan kangkung)

II. Materi Ajar           :
a.  Materi Pokok  
      Pembibitan tanaman
-      Cara pembibitan tanaman biji contoh cabe dan rambutan
-      Cara pembibitan tanaman tidak berbiji contoh kangkung, cocor bebek, dan kunyit.

b. Materi Pembelajaran
    Cara – cara pembibitan tanaman  ;
1. cabe
2. kangkung
3. cocor bebek
  4.  kunyit
 - Persiapan pembibitan tanaman cabe dan kangkung
 - Proses pembibitan tanaman cabe dan kangkung

III. Alokasi Waktu     : 2 jam pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                      1 kali pertemuan.
           
IV. Metode, alat, bahan        :
 Metode                              : Ceramah bervariasi.
Alat, bahan           :
Buah cabe matang, batang kangkung, skop, lahan, buah rambutan, batang cocor bebek, kunyit, kebun sekolah, gambar pohon cabe, gambar pohon kangkung, gambar kebun cabe, gambar kebun kangkung,dll.
                                   
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

 -  Mengkondisikan siswa pada situsi pembelajaran, seperti mengabsen, mengatur tempat duduk,dll. 
-   Mengadakan tanya jawab tentang kegiatan di rumah sebelum berangkat ke  sekolah               ( mulai bangun tidur, sarapan pagi, sampai tiba di sekolah ).
-   Secara klasikal menyanyikan lagu Kebun Sayurku dengan irama lagu Kebunku.

( Irama lagu Lihat Kebunku )

Kebun Sayurku


Lihat kebunku

Penuh pohon sayur

Ada pohon tomat, juga pohon cabe

Ayah dan ibu, senang merawatnya
Aku dan kakak, juga membantunya
 
    Inti :
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang berbagai tanaman yang ada pada nyanyian.aerta mencari contoh tanaman – tanaman lain.
-      Selanjutnya 3 atau 4 orang peserta didik diminta untuk menceritakan cara – cara mendapatkan tanaman.
-      Secara klasikal, bertanya jawab cara – cara pembibian tanaman.
-        Secara kelompok mendiskusikan LKS tentang cara – cara pembibitan tanaman seperti cabe, kangkung, cocor bebek dan kunyit.
-        Secara bergiliran perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok

    -   Tanggapan dan tanya jawab tentang cara – cara pembibitan tanaman.
  -   Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang cara – cara pembibitan  tanaman. 
-     Penegasan dan penguatan dari guru tentang cara – cara pembibitan beberapa jenis  tanaman.
-      Mengingat kembali cara – cara mebibit tanaman
    Penutup  :
- Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang  cara – cara pembibitan tanaman.
     -  Pemberian tugas PR

VI. Penilaian Hasil Belajar

Rubrik Penilaian   
  1. Jenis Penilaian             : Tulisan
  2. Bentuk Penilaian         : Quiz dan isian
3.   Instrumen Penilaian    :

Indikator pembelajaran
Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Menjelaskan  cara – cara pembibitan tanaman biji





1.  Menyebutkan bagian tanaman biji yang dijadikan bibit tanaman.

1,Bagian tanaman cabe yang dijadikan bibit adalah   . . . .
 bijinya
2. Menyebutkan fungsi persemaian.
2. Pesemaian adalah   tempat untuk       . . .     tanaman.

pembibitan
Menjelaskan  cara – cara pembibitan tanaman tidak berbiji
3.  Menyebutkan bagian tanaman tidak berbiji yang dijadikan bibit tanaman.

3. Bagian tanaman kangkung yang dijadikan bibit adalah  . . . .

batangnya


4. Bagian tanaman kunyit yang dijadikan bibit adalah . . . .

batang


5. Bagian tanaman cocor bebek yang dijadikan bibit adalah . . . .

tunas daun


Disajikan sebuah quiz, siswa dapat menyebutkan jenis tanaman yang dimaksud
6. Aku sejenis tanaman.
Aku tanaman obat.
Aku juga tergolong bumbu dapur.
Aku menghilangkan bau amis.
Sering digunakan para ibu jika memepes ikan.
Pembibitanku sangat mudah.
Walau aku kelas II SD, aku bisa membibitnya.
Cukup mengambil 1 lempeng, lalu dikubur.
Selesai.
Tanaman apakah aku?
Aku adalah
 







Pedoman penskoran :
Skor maksimal 70
No
Kriteria
Skor
1.
Soal no 1 dijawab dengan benar dan tepat
10
2.
Soal no 2 dijawab dengan benar dan tepat
10
3.
Soal no 3 dijawab dengan benar, dan tepat
10
4.
Soal no 4 dijawab dengan benar dan tepat
10
5.
Soal no 5 dijawab dengan benar dan tepat
10
6.
Soal no 6 dijawab dengan benar dan tepat
0
Penentuan nilai akhir Jumlahkan semua skor perolehan dibagi skor maksimal x 100
Contoh : Nilai Ujang 
              No 1 mendapat skor 10
              No 2 mendapat skor 10
              No 3 mendapat skor 10
              No 4 mendapat skor 10
              No 5 mendapat skor 10
    No 6 mendapat skor 0
         

           Jumlah skor perolehan 50
Penghitungan nilai akhir 50 : 70 x 100
Nilai akhir yang diperoleh Ujang 71,42

VII. Sumner Belajar :

     1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas II ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 


Lampiran :

1. Lembar Kerja Siswa
2. Syair lagu Kebun Sayur
3. Soal Tes tulis
                                           

 TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________
  NIP.























Lampiran 1

LKS


Bertanyalah kepada teman atau guru.
Jangan bertanya pada guru kelas II
Isilah tabel berikut!

Nama Tumbuhan
Bagian yang dibibit
Cara Pembibitan




































Nilai :

Kelompok :
Nama :  1.
2.
3.
4.
5.
Lampiran 2

( Irama lagu Lihat Kebunku )

 

Kebun Sayurku

Lihat kebunku

Penuh pohon sayur

Ada pohon tomat, juga pohon cabe

Ayah dan ibu, senang merawatnya
Aku dan kakak, juga membantunya

 

























Lampiran 3

Soal Tes Tertulis
Isilah !
1,Bagian tanaman cabe yang dijadikan bibit adalah   . . . .
2. Pesemaian adalah   tempat untuk       . . .     tanaman.
3. Bagian tanaman kangkung yang dijadikan bibit adalah  . . . .
4. Bagian tanaman kunyit yang dijadikan bibit adalah . . . .
5. Bagian tanaman cocor bebek yang dijadikan bibit adalah . . . .
6. Aku sejenis tanaman.
Aku tanaman obat.
Aku juga tergolong bumbu dapur.
Aku menghilangkan bau amis.
Sering digunakan para ibu jika memepes ikan.
Pembibitanku sangat mudah.
Walau aku kelas II SD, aku bisa membibitnya.
Cukup mengambil 1 lempeng, lalu dikubur.
Selesai.
Tanaman apakah aku?
Aku adalah
 















MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

2

Satuan Pendidikan         : SD.............................
Kelas                    : I I (dua)
Semester               : 1
Mata Pelajaran     : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan         : 1 kali pertemuan         
                            

Standar Kompetensi :
1. Melakukan berbagai cara pembibitan sesuai dengan jenis tanaman.

Kompetensi Dasar                 :
1.2  Menyenangi kegiatan pembibitan tanaman.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.2.1  Mejelaskan  cara – cara membibit tanaman kesukaan

I. Tujuan Pembelajaran : 
Melalui tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan  cara – cara pembibitan tanaman kesukaan.

II. Materi Ajar           :
a.  Materi Pokok  
Cara pembibitan tanaman kesukaan.

b. Materi Pembelajaran
    Menanam tanaman kesukaan
 - Persiapan pembibitan tanaman kesukaan.
 - Proses pembibitan tanaman kesukaan.

III. Alokasi Waktu     : 2 jam pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                      1 kali pertemuan.
           
IV. Metode, alat, bahan        :
 Metode                              : Ceramah bervariasi
Alat, bahan           :
Berbagai tanaman kesukaan,( dibawa peserta didik sebagai tugas pertemuan sebelumnya ).
                                   
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

 -  Mengkondisikan siswa pada situsi pembelajaran, seperti mengabsen, mengatur tempat duduk,dll. 
-   Mengadakan tanya jawab tentang pembelajaran sebelumnya cara – cara pembibitan tanaman biji dan tidak berbiji.
-   Secara klasikal menyanyikan lagu Bunga Cocor bebek dengan irama lagu Potong Bebek.
( Lirik lagu Potong Bebek )

Cocor Bebek

Bunga cocor bebek
Ditanam dalam pot
Kurawat kusiram
Hingga tumbuh subur
Sehat bertunas
Di ketiak daun
Tinggal kupetik
Dan kutanam lagi
 
    Inti :
-      Secara klasikal, bertanya jawab tentang nama tanaman yang ada pada nyanyian.serta mencari contoh tanaman – tanaman lain yang merupakan tanaman kesukaan.
-      Selanjutnya 3 atau 4 orang peserta didik diminta untuk menceritakan cara – cara mendapatkan tanaman kesukaan.
-       Secara klasikal, bertanya jawab cara – cara pembibian tanaman kesukaan.
-      Secara individual menuliskan cara – cara membibit tanaman kesukaan masin – masing.

-      Secara individual siswa membacakan hasil karyanya.

-       Tanggapan dan tanya jawab tentang cara – cara pembibitan tanaman kesukaan teman.

-       Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang cara – cara pembibitan tanaman.
-      Penegasan dan penguatan dari guru
    Penutup  :
- Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang  cara – cara pembibitan tanaman.
     -  Pemberian tugas PR

VI. Penilaian Hasil Belajar

Rubrik Penilaian   
  1. Jenis Penilaian             : Lisan
  2. Bentuk Penilaian         : Uraian
3.   Instrumen Penilaian    :

Indikator pembelajaran
Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Menjelaskan  cara – cara pembibitan tanaman kesukaan


1.  Menjelaskan cara pembibitan tanaman kesukaan..

Jelaskan, cara – cara membibit tanaman yang kamu sukai

Bervariasi
( berbagai jawaban peserta didik )

Pedoman penskoran :
Skor maksimal 30
Kriteria
Skor
Soal dijawab dengan lengkap, benar, dan tepat
30
Soal dijawab dengan benar tapi kurang lengkap
20
Soal tidak dijawab
0

Penentuan nilai akhir skor perolehan dibagi skor maksimal x 100
Contoh : Nilai Ujang 
              Ujang menjawab benar tapi kurang lengkap skor perolehan 20
             
Penghitungan nilai akhir 20 : 30 x 100
Nilai akhir yang diperoleh Ujang 66,66

VII. Sumner Belajar :

     1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas I I ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 


Lampiran :

1. Lembar Kerja Siswa
2. Syair lagu Bunga Cocor Bebek
3. Soal Tes Lisan
                                           

 TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________
  NIP.



























Lampiran 1





Kerjakanlah!


Cara Pembibitan Tanaman Kesukaan

Nama Tanaman           :

Cara Pembibitan :
 
 








































Lampiran 2       

( irama lagu Potong Bebek )

Cocor Bebek

Bunga cocor bebek
Ditanam dalam pot
Kurawat kusiram
Hingga tumbuh subur
Sehat bertunas
Di ketiak daun
Tinggal kupetik
Dan kutanam lagi

Lampiran 3
Soal Tes Lisan

Jawablah!
1.Jelaskan cara pembibitan tanaman yang kamu sukai!










Lampiran 4
Soal Tugas Mandiri
....
 
 


Beri tanda Ö pada            jika kamu setuju
....
 
 


Beri tanda X pada            jika tidak setuju     
....
 
 


1.                 Membibit tanaman sangat menyenangkan
....
 
 


2.                          
....
 
              Cara pembibitan tanaman, dapat diketahui melalui bertanya.
3.                                         Pembibitan kangkung ditanam potongan batangnya.
....
 
 


4.                          
....
 
              Biji rambutan tidak dapat dibuat bibit.

5.                                Aku murid kelas II, tidak perlu tahu cara membibit tanaman.
....
 
 


6.                                        Aku cukup tahu cara pembibitan 1 jenis tanaman saja.
....
 
 


7.                                        Setelah aku tahu, bahwa biji mangga dijadikan bibit.
....
 
Jadi setiap aku makan mangga,bijinya tidak kubuang sembarangan.
8.  
....
 
              Bibit yang baik adalah bibit unggul.
9.                  Jika tidak ada lahan untuk membibit, kita bisa  
 menggunakan poly bag.
....
 
   10.               Bibit tanaman cocor bebek berupa tunas daun.
         

MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

3

Satuan Pendidikan         : SD........................................
Kelas                    : I I (dua)
Semester               : 1
Mata Pelajaran     : Pendidikan Lingkungan Hidup
Jumlah pertemuan         : 1 kali pertemuan         
                            

Standar Kompetensi :
1. Melakukan berbagai cara pembibitan sesuai dengan jenis tanaman.


Kompetensi Dasar                 :
1.3 Mempraktikkan pembibitan tanaman


Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.3.1 Mempraktikkan cara – cara pembibitan tanaman kunyit.

I. Tujuan Pembelajaran : 
Melalui unjuk kerja proses peserta didik dapat mempraktikkan  cara pembibitan tanaman kunyit.

II. Materi Ajar           :
a.  Materi Pokok  
Cara pembibitan tanaman

b. Materi Pembelajaran
    Melaksanakan pembibitan tanaman kunyit

III. Alokasi Waktu     : 2 jam pelajaran ( 2 x 35 menit )
                                      1 kali pertemuan.
           
IV. Metode, alat, bahan        :
 Metode                              : Unjuk kerja proses ( Demonstrasi )  
Alat, bahan           :
Kunyit, gelas kemasan minuman mineral, tanah humus, skop kecil, paku,
                                   
V. Kegiatan Pembelajaran :

Pendahuluan :

 -  Mengkondisikan siswa pada situsi pembelajarandengan bertanya jawab tentang pembelajaran sebelumnya cara – cara pembibitan tanaman kesukaan.
-   Secara klasikal membuat dan menjawab teka – teki tentang tanaman..
       Contoh teka – teki
        Aku sejenis tanaman.
Aku tanaman obat.
Aku juga tergolong bumbu dapur.
Aku menghilangkan bau amis.
Sering digunakan para ibu jika memepes ikan.
Pembibitanku sangat mudah.
Walau aku kelas II SD, aku bisa membibitnya.
Cukup mengambil 1 lempeng, lalu dikubur.
Selesai.
Tanaman apakah aku?
Aku adalah
 



 
    Inti :
-        Secara klasikal, bertanya jawab tentang cara – cara membibit tanaman kunyit.
-       Menyiapkan alat – alat dan bahan bahan untuk menanam kunyit

-       Mempraktekkan cara cara  membibit tanaman kunyit.

-       Mencuci tangan memkai sabun.

-       Tanya jawab tentang penanaman tanaman kunyit.

-      Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang penanaman tanaman kunyit

     -      Penegasan dan penguatan dari guru
        


Penutup  :
- Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan tentang  cara – cara pembibitan tanaman.
     -  Pemberian tugas PR

VI. Penilaian Hasil Belajar

Rubrik Penilaian   
1.   Jenis Penilaian             : Praktek
2.   Bentuk Penilaian         : Uraian
3.   Instrumen Penilaian    :

Indikator pembelajaran
Indikator soal
Butir – butir soal
Kunci jawaban
Mempraktikkan cara – cara  pembibitan tanaman kunyit


Mempraktikkan cara – cara  pembibitan tanaman kunyit

Praktikkanlah cara – cara  pembibitan tanaman kunyit!

Bervariasi
( unjuk kerja  peserta didik )

Pedoman penskoran :
Skor maksimal 30
Kriteria
Skor
Soal dikerjakan dengan benar, dan tepat
30
Soal dikerjakan kurang benar
20
Soal tidak dikerjakan
0

Penentuan nilai akhir skor perolehan dibagi skor maksimal x 100
Contoh : Nilai Ujang 
              Ujang mengerjakani kurang benar skor perolehan 20
             
Penghitungan nilai akhir 20 : 30 x 100
Nilai akhir yang diperoleh Ujang 66,66


VII. Sumner Belajar :

     1. Lingkungan sebagai sumber belajar.
2. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas I I ( Tim Guru Cinta Lingkungan, Erlangga ) 


Lampiran :

1. Contoh Teka – teki.
2. Soal tes unjuk kerja.Bebek
3. Soal PR
                                           

 TANGERANG,           2016
                                                                                      Penyusun



  ___________________
  NIP.


 


























Lampiran 1 :


Contoh teka – teki
        Aku sejenis tanaman.
Aku tanaman obat.
Aku juga tergolong bumbu dapur.
Aku menghilangkan bau amis.
Sering digunakan para ibu jika memepes ikan.
Pembibitanku sangat mudah.
Walau aku kelas II SD, aku bisa membibitnya.
Cukup mengambil 1 lempeng, lalu dikubur.
Selesai.
Tanaman apakah aku?
Aku adalah
 






 
Lampiran 2 :

Soal Tes Unjuk Kerja

Praktikkanlah cara – cara  pembibitan tanaman kunyit!












Lampiran 3 Soal PR ( Uji Kompetensi )

HASIL PENGAMATAN PERTUMBUHAN KUNYIT



No
Waktu

Pertumbuhan

Kegiatanku terhadap tanaman kunyit

1.
hari ke 1

 . . . .
. . . .
2.
hari ke 2

. . . .
. . . .
3.
hari ke 3

. . . .
. . . .
4.
hari ke 4

. . . .
. . . .
5.
hari ke 5

. . . .
. . . .
6.
Hari ke 6

. . . .
. . . .
7.
Minggu ke 1

. . . .
. . . .
8.

Minggu ke 2
. . . .
. . . .


. . . .
. . . .
. . . .


. . . .
. . . .
. . . .


Nilai : . . . .


simulasi bersiap siaga menghadapi gunung meletus                
pembelajaran dilakukan di dalam dan di luar kelas
praktekkan bersama gurumu

ayo kita pasti bisa

alat dan bahan yang dibutuhkan :
1.  kentongan bambu
2.  masker penutup hidung
3.  meja
4.  pakaian
5.  bahan makanan

langkah kegiatan
1. suasana di dalam kelas sedang belajar
2. tiba – tiba terdengar suara kentongan tanda bahaya
3. bu guru segera melihat ke luar kelas
4. terlihat di luar hujan debu
5. bu guru segera mengambil kentongan
6. memukul kentongan bertalu - talu
7. murid murid  mengambil kentongan
8. memukul bersama – sama
9. bu guru berteriak masker
10.            ambil masker langsung dipakai
11.            tiba – tiba terasa lantai berguncang
12.            bu guru berteriak berlindung
murid – murid segera berlindung di kolong meja
13.            sebagian ke sudut ruangan
14.            guncangan berhenti
15.            bu guru berteriak  aman
16.            murid – murid duduk kembali
17.            para orang tua menjemput

18.            segera pulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar